Anggota DPRD Jabar Gandeng Pegiat Lingkungan Tanam Pohon di Kawasan Ciremai

Ciremaitoday.com, Kuningan – Dalam upaya mengatasi keluhan para petani di kaki Gunung Ciremai terkait kerusakan tanaman oleh gangguan monyet, Anggota DPRD Jabar Hj Tina Wiryawati, mengambil langkah inisiatif bersama LSM Lingkungan Gema Jabar Hejo DPD Kuningan dan berbagai komunitas lokal.

Kerusakan pertanian di Dusun Mulyaasih, Desa Puncak, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, yang disebabkan oleh monyet, mendorong Tina Wiryawati untuk memulai penanaman pohon Pisitan Hutan sebagai sumber pakan utama satwa tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan makanan bagi monyet di hutan agar mereka tidak turun ke lahan pertanian warga.

Pada hari Senin (29/1), dilaksanakan penanaman 100 bibit Pohon Pisitan Monyet di batas hutan Blok Cidadali, yang diharapkan akan membentuk sabuk hutan membatasi antara lahan pertanian dan habitat satwa.

Tina Wiryawati, yang juga merupakan calon legislatif dari Partai Gerindra, menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, LSM, dan komunitas lokal dalam upaya menjaga keseimbangan ekosistem. Upaya ini diharapkan dapat meminimalisir gangguan satwa liar terhadap lahan pertanian sehingga petani dapat beraktivitas tanpa kekhawatiran.

Ahdiana, seorang warga setempat, menyatakan apresiasinya kepada Tina Wiryawati atas inisiatif ini, menyebut penanaman pohon sebagai solusi tepat untuk mencegah monyet mengganggu lahan pertanian. Dani Andriawan, pengurus DPD Gema Jabar Hejo Kuningan, juga mendukung upaya pembuatan sabuk hutan ini sebagai langkah preventif yang efektif mengendalikan hama satwa liar.

Inisiatif ini menandai komitmen berkelanjutan dari Tina Wiryawati dalam menjaga harmoni antara manusia dan alam, serta memberikan solusi konstruktif terhadap konflik antara manusia dan satwa liar di Kabupaten Kuningan.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *