Panwascam Talun gelar Rakor Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024. (Foto:Ist)

Panwascam Talun Sebut Distribusi Logistik Pemilu Perlu Pengawasan Ekstra

Ciremaitoday.com, Cirebon – Distribusi logistik pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Cirebon membutuhkan pengawasan ektra. Hal itu diakui Panwascam Talun saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024 di RM Dapoer Cendana, Jl Cendana Raya Bumi Arumsari, Desa Cirebon Girang, Kamis (25/1/2024).

Dalam rakor ini dihadiri juga oleh 11 Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD). Di momentum itu Panwascam Talun mengaku akan berupaya untuk memastikan pelaksanaan pendistribusian logistik pada Pemilu 2024 dengan tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat ukuran dan spesifikasinya.

“Kita harus akui pendistribusian logistik pemilu membutuhkan pengawasan ekstra, sehingga diharapkan jajaran Panwascam Talun dapat melakukan pengawasan dengan mengedepankan aspek pencegahan, dan memastikan kepatuhan prosedur agar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Ketua Panwascam Talun, Satori. 

Ia mengatakan, pengawasan logistik ini membutuhkan ketelitian, keterampilan, dan kemampuan untuk mengetahui kebutuhan setiap jenis logistik.

“Dan jumlahnya beserta pendistribusian logistik pemilu sampai ke lokasi tempat pemungutan suara (TPS),” tambahnya. 

Menurut dia, pentingnya sinergi antara Panwascam Talun dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) setempat. 

Sebagai informasi, untuk kelengkapan logistik pemilu terdiri dari perlengkapan pemungutan suara yang meliputi kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat untuk mencoblos pilihan serta TPS. 

Sedangkan perlengkapan lainnya yakni berupa sampul kertas, tanda pengenal, karet pengikat surat suara, lem atau perekat, kantong plastik, bolpoin, gembok, spidol, formulir, stiker nomor kotak suara, tali pengikat, alat untuk mencoblos pilihan, dan alat bantu tunanetra serta lainnya.

Dalam rakor ini, dihadiri dua narasumber, yaitu Husnul Khotimah dari KPU Kabupaten Cirebon dan Camat Talun, Abdul Roup. (*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *