Meski Pendatang Baru, Caleg Iwan Bule Mampu Dongkrak Elektabilitas Gerindra di Dapil Jabar X

Ciremaitoday.com, Kuningan – Meski sebagai pendatang baru, Caleg DPR RI Mochamad Iriawan atau lebih dikenal Iwan Bule ternyata mampu mendongkrak elektabilitas Partai Gerindra di Dapil Jabar X (Kuningan, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran). Hal ini berdasarkan hasil Lembaga Survei Tenggara Strategics usai merilis hasil survei elektabilitas Parpol, Caleg DPR RI, serta Capres dan Cawapres di Dapil Jabar X.

Dalam hasil survei itu dijelaskan, bahwa Paslon Prabowo-Gibran diprediksi menguasai wilayah Dapil Jabar X dengan perolehan 46 persen, Anis-Muhaimin 29 persen, Ganjar-Mahfud 9 persen, serta yang tidak memberikan jawaban sebesar 16 persen. Kemudian Partai Gerindra juga diprediksi menjadi parpol pemenang legislatif di Dapil Jabar X dengan perolehan 17 persen, mengalahkan PDIP 13,4 persen diikuti PKS dengan perolehan angka 12,8 persen.

Survei Tenggara Strategics yang merupakan lembaga konsultan dan penelitian yang dibentuk oleh CSIS Indonesia, The Jakarta Post, dan Universitas Prasetiya Mulya itu menilai, bahwa faktor naiknya elektabilitas Partai Gerindra di Dapil Jabar X salah satunya karena munculnya caleg pendatang baru yakni Iwan Bule.

Iwan Bule berhasil menjadi Caleg Dapil Jabar X dengan popularitas 17 persen dan elektabilitas sebesar 19 persen, ketimbang para Caleg DPR RI lain di dapil yang sama.

“Salah satu faktor pendongkrak suara Partai Gerindra di Jabar X adalah kehadiran caleg pendatang baru Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, yang menggantikan posisi Ardhya Pratiwi sebagai caleg nomor satu Partai Gerindra,” tulis keterangan lembaga Survei Tenggara Strategics melalui rilisnya, Senin (5/2).

Lembaga Survei Tenggara Strategics juga memprediksi bahwa Iwan Bule akan melengkapi daftar Caleg DPR RI asal Jabar X, yang kemungkinan besar akan dikuasai oleh anggota legislatif petahana.

Dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Tenggara Strategics di 4 Kabupaten/Kota Dapil Jabar X, Iwan Bule mendominasi di Kabupaten Ciamis dan Kuningan. Kedua daerah ini menjadi wilayah terbesar dengan 80 persen jumlah pemilih dari seluruh jumlah pemilih di Dapil Jabar X.

“Di Ciamis Iwan Bule kelihatan sangat dominan dengan elektabilitas 19 persen, diikuti Surahman 13 persen, M Nurdin 11 persen, Agun Gunanjar 9 persen, dan Didi Irawadi 6 persen. Sementara itu di Kuningan, Iwan Bule mendominasi dengan elektabilitas 18 persen,” tulis keterangan lembaga Survei Tenggara Strategics.

Namun lembaga Survei Tenggara Strategics menilai bahwa hasil tersebut bisa saja berubah, karena masih banyak masyarakat Jabar yang belum menentukan pilihan caleg yang akan dicoblos pada 14 Februari 2024.

“Sebesar 22 persen masyarakat di Jabar belum menentukan pilihan caleg, sehingga pertarungan perebutan suara masih akan terus berlangsung,” terangnya.

Sebagai informasi, Lembaga Survei Tenggara Strategics melakukan survei tersebut pada tanggal 22-26 Januari terhadap 816 responden dengan metode tatap muka dan memiliki margin error sebesar 3,5 persen.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *