Petugas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, saat melakukan pemeriksaan jalur. Foto: Istimewa

Jelang Musim Hujan, Pemeriksaan Jalur Kereta Api di Daop 3 Cirebon Ditingkatkan

Ciremaitoday.com, Cirebon-PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon secara konsisten melakukan pemeriksaan jalur kereta api guna menjaga keselamatan perjalanan. Salah satu langkah preventif yang dilakukan adalah pemeriksaan lintas secara langsung oleh jajaran manajemen dengan berjalan kaki setiap minggunya.

Pada Jumat, 18 Oktober 2024, Manajemen Daop 3 Cirebon melaksanakan inspeksi dari Stasiun Tanjung hingga Stasiun Brebes. Pemeriksaan ini bertujuan memastikan kesiapan jalur kereta api, terutama dalam menghadapi tantangan musim hujan yang akan datang.

“Musim kemarau tahun ini sangat ekstrem, dan kita harus bersiap menghadapi musim hujan yang bisa meningkatkan risiko tanah longsor dan genangan air. Ini menjadi perhatian khusus bagi KAI,” ujar Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, Minggu (20/10).

Inspeksi tersebut meliputi pengecekan kondisi fisik jalur rel, persinyalan, daerah rawan banjir, serta kebersihan dan fasilitas di stasiun. Selain itu, KAI juga melakukan pemangkasan pohon di sekitar jalur guna mencegah pohon tumbang yang dapat mengganggu perjalanan kereta api.

“Normalisasi saluran air dari tumpukan sampah juga penting. Kami ingin memastikan bahwa jalur tetap aman, termasuk memperbaiki jarak pandang masinis dengan membersihkan area di sekitar rel,” tambah Rokhmad.

KAI Daop 3 juga menugaskan petugas untuk memantau kondisi jalur langsung dari kabin masinis, memberikan tambahan pengawasan untuk memastikan kelancaran perjalanan.

“Kami berkomitmen untuk terus siaga, melakukan perawatan rutin, dan menjaga keandalan jalur agar perjalanan kereta api tetap aman,” pungkasnya.

Dengan pemeriksaan rutin ini, KAI berharap dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta api sebagai sarana yang aman dan andal dalam mendukung aktivitas sehari-hari.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya