Dua sosok cosplayer (tvOneNews)

Wibu dan Otaku, Inilah Perbedannya

Ciremaitoday.com, Indramayu – Wibu dan Otaku adalah 2 istilah dalam kebudayaan pop (Pop Culture) Jepang yang masih sangat tren hingga detik ini.

Bahkan kita-kita yang tidak menjadi salah satu atau bahkan kedua golongan tersebut, sering mendengar dan sangat mengetahui kedua istilah tersebut.

Akan tetapi di saat yang sama, sayangnya masih banyak dari kita juga yang masih belum bisa membedakan  keduanya.

Jadi, apa definisi sekaligus perbedaan dari Wibu dan Otaku?

Wibu dan Otaku

 

wibu dan otaku
Sosok pria yang Wibu (Quora)

 

Jadi seperti yang terlansir dari EFid, Wibu adalah seseorang yang terobsesi dengan kebudayaan Jepang (Pop Culture) seperti manga dan anime, tapi sayangnya ironosinya ia tidak memiliki pemahaman yang mendalam mengenai kebudayaan Jepang itu sendiri.

Atau dengan kata lain, Wibu adalah sosok yang terlalu berlebihan dalam mencintai hal-hal berbau Jepang, namun sayangnya sifatnya ikut-ikutan atau istilah keren sekarang, “Fear of Missing Out” (FOMO).

Sedangkan Otaku adalah sosok yang tidak hanya benar-benar menyukai atau bahkan terobsesi dengan hobi manga dan anime, namun ia juga sangat memahami seluruh kebudayaan/tren Jepang yang sedang terjadi.

Mereka bahkan sampai menghormati sisi atau aspek tradisional dari kebudayaannya. Maka tak jarang jika Otaku juga sering dianggap sebagai real fans.

Nah itulah tadi sekiranya perbedaan antara Wibu dan Otaku. Jangan sampai keliru lagi ke depannya. (Marvin)

Array
header-ads

Berita Lainnya