(foto: Ombudsman.go.id)

Tugas Pokok dan Besaran Gaji yang Diterima Asisten Ombudsman 2024

CIREMAITODAY.COM – Ombudsman Republik Indonesia membuka lowongan untuk posisi asisten Ombudsman di tahun 2024.

Asisten Ombudsman adalah pegawai yang diangkat oleh Ketua Ombudsman dengan persetujuan Rapat Pleno Anggota Ombudsman.

Namun, masih banyak yang tak tau apa sajantugas pokok dan berapa besaran gaji pokok yang diterima oleh asisten Ombudsman di tahun 2024.

Berikut ini penjelasan tentang tugas pokok dan besaran gaji yang diterima asisten Ombudsman 2024.

Secara menyeluruh, asisten Ombudsman memainkan peran penting dalam membantu Ombudsman menjalankan fungsi, tugas, dan kewenangannya.

Ombudsman sendiri adalah lembaga yang menangani aduan atau keluhan terkait pelayanan publik dan mencegah tindakan maladministrasi melalui pengawasan preventif.

Tugas utama asisten Ombudsman mencakup beberapa hal krusial dalam menjaga kualitas pelayanan publik.

Asisten Ombudsman bertugas menerima laporan dugaan maladministrasi dari masyarakat yang menunjukkan adanya masalah dalam pelayanan publik.

Setelah menerima laporan, asisten Ombudsman akan melakukan pemeriksaan substansi untuk memastikan kebenaran dan relevansi laporan.

Laporan yang terbukti valid akan ditindaklanjuti dengan memberikan rekomendasi perbaikan kepada instansi terkait.

Peran asisten Ombudsman sangat penting dalam memastikan bahwa layanan publik berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Mereka membantu menjaga akuntabilitas lembaga publik dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam menerima layanan publik.

Adapun gaji yang diterima oleh asisten Ombudsman bervariasi tergantung pada jenjang dan masa kerja.

Merujuk pada lampiran Peraturan Presiden (Perpres) No. 15 tahun 2014, gaji untuk Asisten Pratama dengan masa kerja 0 tahun adalah Rp2,5 juta per bulan, sedangkan Asisten Utama dengan masa kerja 30 tahun menerima Rp5,1 juta per bulan.

Untuk calon asisten Ombudsman yang baru diangkat, gaji yang diterima adalah 80% dari gaji setiap bulan sesuai dengan peraturan yang tertulis dalam Pasal 9 Ayat 2 Perpres No. 15 tahun 2014.

Selain gaji yang kompetitif, menjadi asisten Ombudsman memberikan berbagai manfaat lainnya, termasuk kesempatan untuk berkontribusi langsung dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia dan mendapatkan pengalaman berharga dalam menangani berbagai kasusooq7 maladministrasi.

Namun perlu diangat, peran asisten Ombudsman tidak terlepas dari tantangan dalam bekerjam

Asisten Ombudsman sering kali harus menghadapi kendala dalam mengumpulkan bukti dan berhadapan dengan pihak-pihak yang terlibat dalam maladministrasi.

Itulah mengapa Anda harus punya keberanian dan sikap kritis sebelum memutuskan untuk melamar lowongan ini.

 

Array
header-ads

Berita Lainnya