Kunjungan Evaluasi Struktur Biaya Pengolahan & Transfer Price (Foto: Mohamad Zulkifli)

Tingkatkan Efisiensi RU VI, Ditjen Migas dan BPKP Evaluasi Struktur Biaya Pengolahan & Transfer Price

Ciremaitoday.com, Balongan – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan menerima delegasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) serta delegasi dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Direktorat Pengawasan Bidang Pangan, Pengelolaan Energi dan Sumber Daya Alam.

Perwakilan kedua instansi tersebut diterima oleh Pjs. General Manager PT KPI Unit VI Balongan Wahyu Sulistyo Wibowo bersama perwakilan Tim Manajemen dalam acara Opening Meeting yang dibuka oleh Sr Manager IA Region II Muhroji yang juga bertindak sebagai moderator di Ruang Rapat 1, Gd. administrasi RU VI.

 Biaya Pengolahan & Transfer Price

Evaluasi Struktur Biaya Pengolahan & Transfer Price
Suasana Evaluasi Struktur Biaya Pengolahan & Transfer Price (Foto: Mohamad Zulkifli)

 

Adapun maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut adalah melaksanakan evaluasi atas struktur biaya pengolahan PT KPI dan transfer price dari PT KPI ke PT Pertamina Patra Niaga.

Pjs. General Manager PT KPI Unit VI Balongan Wahyu Sulistyo Wibowo dalam sambutannya menyatakan keterbukaan RU VI atas segala data dan pertanyaan yang diajukan untuk membantu kelancaran kegiatan evaluasi yang dilaksanakan.

“Kami mempersilahkan kepada perwakilan dari Ditjen Migas dan BPKP untuk mengumpulkan data yang diperlukan”, kata Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu menyampaikan arahannya kepada pekerja untuk membantu memberikan data ataupun keterangan yang diperlukan untuk melancarkan kegiatan yang dimaksud.

“Semoga kegiatan ini bisa dijadikan masukan dan room for improvement bagi PT KPI Unit VI Balongan”, terang Wahyu menutup sambutannya.

Tujuan dari Kunjungan Evaluasinya

Evaluasi Struktur Biaya Pengolahan & Transfer Price
Foto bersama dari acara kunjungan Evaluasi Struktur Biaya Pengolahan & Transfer Price (Foto: Mohamad Zulkifli)

 

Sementara itu, Shinta Wayansari selaku perwakilan dari BPKP menyampaikan bahwa kunjungan lapangan ini sebagai penguat atas data yang sudah kami peroleh dari PT KPI Pusat.

“Pemenuhan kegiatan evaluasi ini merupakan tantangan bagi kami, untuk itu kami harapkan penjelasan dan pemaparan yang lengkap agar tim kami dapat menghitung setiap variabel yang ada”, ungkap Shinta.

Dian Apriyani perwakilan dari Ditjen Migas menyampaikan bahwa data yang dikumpulkan nantinya akan kami gunakan sebagai data pendukung untuk menentukan apakah penugasan yang sudah dijalankan oleh PT Kilang Pertamina Internasional dan PT Pertamina Patra Niaga sudah berjalan dengan efisien.

“Melalui kegiatan evaluasi ini semoga didapatkan perbaikan dari segi biaya operasi di pengolahan maupun atas struktur biaya pengolahan PT KPI dan transfer price dari PT KPI ke PT PPN”, ujar Dian.

Pembelajaran Penting Terhadap Proses Pengolahan Minyak

Selain itu, Dian mengungkapkan bahwa kegiatan evaluasi ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran mendalam dalam melihat proses pengolahan minyak.

Kegiatan evaluasi atas struktur biaya pengolahan PT KPI dan transfer price dari PT KPI ke PT PPN dilaksanakan selama 2 hari.

Yaitu pada tanggal 6-7 Juni 2023. Kegiatannya meliputi: Opening Meeting, Site Visit, Focus Group Discussion, serta Closing Meeting.

Selain dilaksanakan di RU VI Balongan, kegiatannya juga dilaksanakan di RU IV Cilacap.

Array
header-ads

Berita Lainnya