Sejumlah Anak Punk Terjaring Razia saat Ngamen di Lampu Merah Cirebon

Ciremaitoday.com, Cirebon – Sejumlah anak punk terjaring razia petugas Satpol PP Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, saat tengah mengamen di kawasan lampu merah Sumber pada Kamis (19/1/2023). Razia dilakukan atas aduan masyarakat yang merasa resah dengan aktivitas mengamen tersebut.

Kasi Ops Dal Satpol PP Kabupaten Cirebon, Nova Abda Nugraha mengatakan, jika petugas mendapat aduan masyarakat yang resah dengan keberadaan pengamen di lampu merah. Seketika itu, petugas langsung menuju lokasi untuk di bawa ke kantor Satpol PP.

“Untuk hari ini ada di lampu merah kantor pos, itu ada sekitar tiga orang. Itu juga atas aduan dari masyarakat, kemudian kita respon kita amankan. Anak punk ini tidak ada efek jera, jadi kita bawa,” katanya.

Pihaknya berencana, akan melakukan pembinaan terhadap anak punk yang diamankan petugas. Sebab berdasarkan pengalaman sebelumnya, ketika mereka diserahkan ke dinas sosial lalu direhabilitasi, hal itu tidak cukup memberikan efek jera.

“Jadi kita sudah bina mereka, tapi kembali lagi ke jalan. Tentu mungkin cukup dengan kita lakukan pembinaan secara fisik ataupun di nasehati. Nanti kita lagi berfikir untuk caranya,” ungkapnya.

Padahal, lanjutnya, pihak Dinas Sosial memberikan pelatihan setiap hari. Termasuk dengan membekali uang hingga memberikan makanan. Namun ketika rehabilitasi selesai dilakukan, setelah itu malah kembali turun ke jalan melakukan aktivitas mengamen di lampu merah.

“Keluar dari rehabilitasi, tapi akhirnya ke jalan lagi. Ya kita operasi lagi,” katanya.

Berdasarkan informasi dari masyarakat, kata Nova, kebanyakan itu berasal dari luar daerah yang transit di Cirebon saat kehabisan uang ketika melakukan perjalanan. Seperti misalkan dari Surabaya menuju Jakarta, mereka kehabisan uang lalu berhenti di lampu merah untuk ngamen.

“Tapi selama ini yang kita razia, masyarakat kita juga. Alasan mereka klasik yaitu broken home, jadi kurang kasih sayang dari keluarga. Akhirnya mereka turun ke jalanan,” terangnya.

Pihaknya akan melakukan beberapa langkah, agar dapat mengurangi anak jalanan dan anak punk yang sering melakukan kegiatan mengamen di lampu merah. Salah satunya dengan membuat pos jaga di lampu merah yang sering dijadikan tempat nongkrong, seperti yang sudah dilakukan Satpol PP Kota Cirebon.

“Kita akan pikirkan bagaimana caranya mengurangi anak jalanan yang nongkrong di lampu merah. Jadi tidak ada efek jera buat mereka, makanya kami lagi berpikir keras bagaimana caranya agar ada efek jera buat mereka,” pungkasnya. (Joni)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *