Foto: Istimewa

Perwakilan PKS Indramayu Juara 3 Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Jabar

Ciremaitoday.com, Indramayu – Utusan PKS Indramayu menjadi juara 3 Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) Kitab Fathul Mu’in karya Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz bin Zainuddin Al-Malibari tingkat Provinsi Jawa Barat pada 15 Desember 2022 lalu.

M. Sobari Lubis dari Pesantren Salafiyah Krangkeng menjadi peserta babak final di tingkat provinsi setelah menjadi peserta terbaik ke-1 dalam gelaran LBKK di tingkat Kabupaten Indramayu.

Ketua DPD PKS Kabupaten Indramayu mengatakan bahwa LBKK bagian dari program fraksi PKS untuk menghidupkan tradisi literasi, terutama kitab-kitab yang menjadi rujukan ummat Islam di indonesia. Harapanya akan senantiasa lahir generasi-generasi ulama di tengah-tengah perkembangan zaman dan kehausan umat akan ilmu-ilmu ke Islaman.
“LBKK juga diselenggarakan setiap tahun dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional, agar menjadi semangat menjaga budaya literasi dari warisan para ulama terdahulu yang masyhur keilmuannya,” ujarnya.

Menurut Ruswa, PKS ingin mengajak generasi bangsa untuk mendalami ilmu agama melalui rujukan utama karya ulama ahli sunah yang muktabar sekaligus meneladani keikhlasan, ke-tawadhu-an, dan pengorbanan para ulama bagi bangsa Indonesia. ” PKS memotivasi generasi bangsa untuk mempelajari agama secara mendalam dari sumber rujukan yang terpercaya karya ulama-ulama ahli sunah,” imbuhnya.

Sobari mengikuti lomba tersebut dan berkompetisi dengan 25 perwakilan kabupaten/kota se-Jabar. Sebelum pelaksanaan final lomba, para finalis diikutkan Training Centre LBKK selama dua hari di Villa Rumah Kayu, Jatinangor.
Training centre tersebut diadakan oleh panitia LBKK tingkat provinsi Jawa Barat dalam rangka penguatan sekaligus ajang silaturahmi antar finalis Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) tingkat Kota-Kabupaten. Hasil dari lomba, Juara 1 diraih oleh utusan Kabupaten Sukabumi dan Juara 2 dari Kabupaten Bandung.

Sedangkan Juara Harapan 1 Kabupaten Kuningan, Harapan 2 Kabupaten Bandung Barat, dan Harapan 3 Kabupaten Ciamis. Selanjutnya, juara 1 akan diikutkan ke Lomba tingkat Nasional.

Menurut Ketua Bidang Pembangunan Keumatan (BPU), Ustaz Agung Mardianto, DPD PKS Kabupaten Indramayu menyelenggarakan LBKK ke-6 dalam rangka ikut mentradisikan literasi-literasi klasik yang menjadi kekhasan Pesantren di Indonesia dengan semangat almuhafadzoh ‘ala qodiimis sholih (menjaga tradisi baik).

“Kita mengimbau dengan adanya literasi-literasi ini terus berkembang semakin maju menyongsong peradaban baru yang lebih baik,” ujarnya.

Lomba di tingkat kabupaten dilaksanakan pada 3 Desember 2022 di Gedung DPD PKS Indramayu. Adapun hasil lomba di tingkat Kabupaten Indramayu adalah, Peserta Terbaik 1 LBKK M Sobari Lubis dari PP Assalafiyah Krangkeng, peserta Terbaik 2 Ulin Nuha dari PP Tengah Sabin Kertasemaya, dan peserta Terbaik 3 Ukhty Lutfiani dari PP Al Ikhlash Kuningan asal Gabuswetan.**

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *