Bagaimana sesungguhnya usia dari mereka-mereka yang berulang tahun di tanggal 29 Februari (The News-Press)

29 Februari, Kontroversi Usia yang Ulang Tahun di Tanggal Ini

Ciremaitoday.com, Indramayu – 29 Februari adalah jumlah tanggal maksimal di bulan ke-2 yang terjadi setiap 4 tahun sekali.

Nah apabila suatu tahun memiliki bulan Februari yang jumlah tanggalnya sampai 29, maka tahun tersebut disebut juga dengan tahun kabisat. Dan tahun 2024 ini adalah tahun kabisat.

29 Februari

 

29 Februari
Ilustrasi mereka yang ulang tahunnya tanggal 29 Februari (Time and Date)

 

Karena hanya terjadi 4 tahun sekali, alhasil tidaklah heran jika kita kerap merasa penasaran denganmereka-mereka yang tanggal lahirnya, 29 Februari.

Spesifiknya, kita merasa dengan teknis pertambahan usia yang mereka alami jika bulan Februari kabisat ini datang. Dan hal ini tidaklah mengherankan karena sekali lagi Februari kabisat hanya datang setiap 4 tahun sekali.

Jadi apa dan bagaimana kelogikaan teknis terhadap hal ini? Simak terus pembahasannya.

Bagaimana Teknis Perhitungan Penambahan Usianya?

Sering kali kita mendengar bahwa mereka yang ulang tahunnya 29 Februari, maka pertambahan usianya dihitung per datangnya Februari kabisat ini.

Jadi katakanlah bayi lahir tanggal 29 Februari 2020, nah ada yang beranggapan (bahkan meyakini) bahwa ketika ia nanti ulang tahun tanggal 29 Februari 2024 atau hari ini, maka usianya dianggap baru 1 tahun. Karena perhitungannya ia baru mengalami 1 kali ulang tahun.

Namun ada juga yang meyakini kalau pertambahan usia dari mereka-mereka yang ulang tahun di tanggal 29 Februari, sama saja seperti mereka-mereka yang berulang tahun di luar 29 Februari.

Lantas melihat perebedaan pendapat ini, manakah yang secara ilmiah tepat di sini?

Masih Diperdebatkan

Sayangnya berdasarkan riset yang kami lakukan termasuk di kolom Q&A Quora, rata-rata media dan orang-orang masih memiliki 2 pendapat berbeda tersebut.

Spesifiknya ada media dan orang-orang di kolom komen Q&A yang meyakini kalau mereka yang berulang tahun di tanggal 29 Februari, maka sistemnya sesuai dengan datangnya Februari kabisat.

Sama Saja dengan yang Ultah di Tahun Non Kabisat

Namun tidak sedikit juga yang menyatakan kalau penambahan umurnya sama saja dengan mereka yang tidak lahir di tanggal 29 Februari atau dengan kata lain, pertambahan umurnya NORMAL di setiap bulan Februari setiap tahunnya.

Dan mereka menganggap bahwa di bulan Februari non-kabisat, maka “resminya” mereka bertambah usia adalah di tanggal 1 Maret di tahun non kabisat tersebut.

Jadi menggunakan contoh pertama di atas, jika seorang bayi lahir tanggal 29 Februari 2020, maka ia akan berulang tahun ke 1 tahun di tanggal 1 Maret 2021, 2 tahun di tanggal 1 Maret 2022, 3 tahun di tanggal 1 Maret 2023, dan 4 tahun di tanggal 29 Februari 2024, dan seterusnya.

Sehingga pada akhirnya, semuanya memang kembali pada pendapat kita masing-masing dan tentunya pendapat mereka yang berulang tahun di tanggal 29 Februari tersebut.

Nah setelah membaca seluruh pembahasan ini, bagaimanakah tanggapan anda terkait hal ini?

Array
header-ads

Berita Lainnya