Tingkatkan Kapasitas SDM, Panwascam Pabedilan Gelar Rakor PKD

Ciremaitoday.com, Cirebon – Panwascam Pabedilan, Kabupaten Cirebon, secara ketat terus melakukan pengawasan tahapan kampanye pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Seluruh instrumen pengawasan dari tingkat kecamatan hingga desa terus dilakukan peningkatan kapasitas SDM-nya melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) se-Kecamatan Pabedilan. Hal ini dilakukan agar setiap PKD paham dan mengerti terkait regulasi dan aturan dalam pelaksanaan pemilu.

Ketua Panwascam Pebedilan, Carya Yaya Sundraya, ketika dikonfirmasi Kamis (25/1/2024) mengatakan, kegiatan rakor tersebut untuk memberikan pemahaman terkait aturan dan kewenangan PKD dalam menjalankan fungsi dan tugasnya di wilayah masing-masing.

“Rakor ini untuk memberikan pelatihan kepada petugas pengawas untuk memastikan pemahaman yang mendalam tentang aturan dan regulasi pemilu, sehingga nanti di lapangan tidak ada ambiguitas ataupun salah penafsiran tentang aturan main dalam pengawasan pemilu,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, tahapan pemilu saat ini sudah memasuki masa kampanye, dimana seluruh peserta pemilu diperbolehkan melakukan sosialisasi dalam bentuk pertemuan terbatas, memasang gambar, menyampaikan program, dan hal lainnya yang diperkenankan dalam ketentuan sesuai Undang -undang pemilu.

“Aktivitas kampanye saat ini sudah masif dan intens dilakukan. Oleh karena itu, pengawasan juga harus optimal, hal ini untuk memastikan pelaksanaan tahapan pemilu di Kecamatan Pabedilan bisa berjalan sesuai dengan aturan,” imbuhnya. 

Carya juga menegaskan, setiap PKD harus memberikan edukasi publik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilihan yang adil dan terbuka, agar meminimalisir potensi pelanggaran yang terjadi di Kecamatan Pabedilan.

“Pesta demokrasi 2024 harus berjalan lancar, aman, nyaman, para pemilik suara juga dapat memilih calonnya secara bebas dan adil tanpa adanya intervensi dari pihak manapun, kami akan memastikan pelaksanaan pemilu di Pabedilan sesuai dengan aturan,” ungkapnya. (*) 

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *