Revisi UU MD3 Terdaftar dalam Prolegnas Prioritas 2020-2024

Ciremaitoday.com,Jakarta – Revisi UU Nomor 13 Tahun 2019 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) telah resmi masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas periode 2020-2024. Perubahan ini berdampak pada penentuan kursi Ketua DPR RI, menimbulkan beragam pandangan dari berbagai kalangan.

Legislator PKB sekaligus Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, menilai bahwa kursi pimpinan DPR seharusnya diberikan kepada partai yang meraih kemenangan dalam pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Partai pemenang itu saya kira masih perlu diberi penghormatan memimpin DPR,” ujar Huda di Kompleks Parlemen, Rabu (3/4).

Dengan merujuk pada hasil Pemilu Legislatif 2024, PDIP menjadi partai yang berhak menduduki kursi pimpinan DPR setelah meraih suara total sebanyak 25.387.279 atau 16,72 persen dari total suara.

Menurut Huda, memberikan hak dan wewenang kepada pemenang pemilu untuk memimpin DPR adalah bentuk penghormatan terhadap proses kelembagaan politik.

“Saya ada pada posisi menghormati proses kelembagaan politik dan salah satunya adalah penghormatan partai pemenang pemilu itu penting sebagai tradisi kita menjaga kelembagaan politik,” tambahnya.

Meski demikian, Huda menegaskan bahwa pendapatnya ini merupakan pandangan pribadi, bukan representasi dari partainya. “Pendapat saya ya. Fraksi juga belum bersikap, saya pribadi,” jelasnya.***

Array
header-ads

Berita Lainnya