Rekapitulasi Nasional Pemilu 2024: 32 Provinsi Tuntas, Tersisa 6 Provinsi

Ciremaitoday.com,Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI hanya merekapitulasi satu provinsi, yaitu Sulawesi Tengah, Sabtu (16/3). Sementara 6 provinsi lainnya masih menunggu hasil akhir.

Totalnya, KPU RI telah merekapitulasi sebanyak 32 provinsi dari 38 provinsi seluruh Indonesia. Adapun enam provinsi yang belum di antaranya Jawa Barat, Maluku, Papua, Papua Tengah, Papua Barat Daya, dan Papua Pegunungan.

Dalam rapat pleno di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pasangan nomor urut 02, dikonfirmasi sebagai pemenang dengan perolehan 1.251.313 suara. Paslon 01 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 386.743 suara, sementara paslon 03 yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengantongi 160.594 suara.

Menurut Ketua KPU RI, Hasyim Asyari, provinsi-provinsi seperti Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi telah selesai direkap, dengan Sulawesi Tengah menjadi yang terakhir. Namun, sebagian wilayah Indonesia bagian timur seperti NTB, NTT, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua Selatan masih menunggu rekapitulasi. Hanya wilayah Maluku yang belum selesai.

Hasyim juga mengungkapkan bahwa perwakilan dari Provinsi Papua Tengah sedang dalam perjalanan menuju Jakarta untuk rekapitulasi suara. Sementara enam provinsi lainnya yang belum direkap, rencananya akan direkap besok, Minggu (17/3).

“Kemudian Maluku besok, tanggal berapa besok? 17 ya? KPU-KPU Papua yang lain 17 besok. Jawa Barat info terbang ke Jakarta kapan? Moga-moga bisa hari ini atau besok,” tambah Hasyim.

Proses rekapitulasi masih berlanjut di beberapa wilayah, menunggu hasil akhir untuk mengumumkan pemenang secara resmi.***

Array
header-ads

Berita Lainnya