Panwascam Susukan Lebak Beri Penguatan PKD untuk Pengawasan Distribusi Logistik Pemilu

Ciremaitoday.com, Cirebon – Pemilihan umum (Pemilu) 2024 harus dapat mewujudkan demokrasi yang berkualitas. Bentuk perwujudannya melalui berbagai tahapan, seperti melakukan pengawasan distribusi logistik. 

Oleh sebab itu, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Logistik Pemilu 2024, Jumat (26/1/2024). 

Hal ini dilakukan dalam rangka penguatan pengawasan dan pemahaman secara berkelanjutan kepada Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Susukan Lebak. 

Ketua Panwascam Susukan Lebak, Bagya Robandi mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan penguatan pemahaman dan strategi pengawasan kampanye dan teknis. 

Ia mengatakan, pokok pada kegiatan rakor meliputi terkait penguatan pengawasan pendistribusian logistik. Selain untuk penguatan, masih kata Bagya, juga merupakan momentum untuk menyatukan pemahaman dan persepsi menghadapi tahapan kampanye dan pendistribusian logistik.

“Serta imbauan untuk meminimalisir adanya pelanggaran pada tahapan serta pelaksanaan pada pemilu, agar disaat kita melakukan pengawasan itu sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga adalah salah satu cara pihaknya untuk memberikan penguatan kepada PKD, terkait bagaimana langkah sebagai pengawas disaat melakukan pengawasan di lapangan, baik pengawasan kampanye ataupun pengawasan pendistribusian logistik. Selain itu, juga supaya tetap bisa menjaga komunikasi dan koordinasi antar PKD. 

“Kita berharap kerja PKD bisa memaksimalkan pencegahan serta pengawasan di tahapan kampanye dan saat pendistribusian logistik, setiap ada kampanye dan dugaan pelanggaran segera sampaikan kepada jajarannya diatas dan dituangkan ke dalam Laporan Hasil Pengawasan (LHP),” ujarnya.

Di kesempatan itu, tambah Bagya, pihaknya mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan di setiap tahapan pemilu 2024. 

“Supaya pesta demokrasi yang akan digelar ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” tutupnya. (*) 

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *