Presiden Jokowi Tegaskan Tidak Ada Rencana Pemajuan Jadwal Pilkada 2024

Ciremaitoday.com,Karawang – Isu RUU Pilkada 2024 kembali menghangat. Wacana untuk mempercepat jadwal Pilkada 2024 mencuat lagi ke permukaan, menciptakan kegaduhan di kalangan masyarakat.

Namun, Presiden Joko Widodo dengan tegas membantah adanya rencana untuk memajukan jadwal pelaksanaan Pilkada tersebut. “Enggak ada, enggak ada. Sampai saat ini tidak ada yang namanya untuk percepatan atau pemajuan pilkada,” ujar Jokowi di Pasar Baru Karawang pada hari Rabu (8/5).

Jokowi memastikan Pilkada akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yaitu pada tanggal 27 November 2024. “Iya. Enggak ada pengajuan apa pun mengenai itu,” tambahnya singkat.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga telah menegaskan bahwa Pilkada 2024 akan tetap berlangsung sesuai dengan jadwal yang ditentukan, tanpa adanya pemajuan menjadi bulan September 2024.

Tito mengungkapkan bahwa memang sempat muncul wacana untuk mempercepat pelaksanaan Pilkada agar tidak terlalu dekat dengan pelantikan Presiden terpilih pada tanggal 20 Oktober 2024. Hal ini dikarenakan adanya risiko terjadinya jika Pilkada tetap dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

“Tadi memang adanya wacana apakah mungkin dipercepat karena tapi kita sudah sepakati memang, waktunya cukup mepet dengan Pilpres dan Pileg, apalagi nanti ada gugatan,” ujar Tito.

“Tapi tidak ada peluang (pilkada maju). Saya sudah tegaskan bahwa pilkada tidak berubah tanggalnya 27 November,” tegasnya. (*) 

Array
header-ads

Berita Lainnya