Persiapan Panwascam Talun Menghadapi Pemungutan Suara

Ciremaitoday.com, Cirebon – Dalam menghadapi pemungutan suara yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Talun, Kabupaten Cirebon, menegaskan peran krusial Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam menjaga keadilan dan integritas seluruh proses pemilu.

Ketua Panwascam Talun, Satori, bersama anggota timnya, Purnama Sari, dan Danang Widiantoro, menekankan hal ini usai menggelar rapat koordinasi Pemungutan dan Penghitungan Suara (P2S) dengan kehadiran 11 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Talun.

“Pengawas TPS menjadi garda terdepan kami untuk memastikan agar setiap tahapan P2S berlangsung sesuai standar yang telah ditetapkan,” ungkap Satori saat rapat koordinasi, Senin (12/2).

Dalam rangka persiapan menuju hari pemungutan suara, akan diadakan kegiatan bimbingan teknis dan rapat koordinasi bagi 210 Pengawas TPS di seluruh kecamatan pada tanggal 11-12 Februari 2024.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman para pengawas terkait prosedur pra, selama, dan pasca P2S. “Kami bertekad memastikan bahwa setiap Pengawas TPS memahami sepenuhnya tanggung jawabnya, mulai dari persiapan TPS, distribusi notifikasi kepada masyarakat, hingga pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara yang transparan dan adil,” jelas Satori.

Ia menegaskan pentingnya pengawasan yang cermat, bukan hanya dari segi teknis, tetapi juga dalam menjaga integritas pemilu. “Kami mengharapkan setiap Pengawas TPS dapat melaksanakan tugasnya dengan hati-hati dan integritas yang tinggi. Soliditas tim dan koordinasi yang efektif antar level pengawasan menjadi kunci keberhasilan,” tambahnya.

Panwascam Talun berkomitmen untuk memastikan proses pemilu berjalan dengan bersih dan adil, dengan mengandalkan peran pengawas TPS sebagai pilar utama. Masyarakat diharapkan turut serta aktif, sehingga pemilihan dapat berjalan lancar sesuai harapan bersama. (*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *