Peluang Koalisi Golkar dengan PDIP di Pilkada 2024

Ciremaitoday.com,Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, memberikan tanggapan positif terhadap keterbukaan PDIP untuk berkolaborasi dalam Pilkada 2024, Selasa (2/4). Airlangga menyatakan bahwa di Pilkada 2020, Golkar dan PDIP telah berhasil menjalankan kerja sama, dan saat ini tinggal melanjutkannya.

“Dalam pilkada sebelumnya, koalisi antara Golkar, PDIP, dan Gerindra telah terbentuk. Jadi ini bukan hal baru. Kita hanya perlu melanjutkannya,” ujar Airlangga di Jakarta. 

Namun demikian, Airlangga menekankan bahwa saat ini Golkar sedang memusatkan perhatian pada proses konsolidasi pasca-Pemilu 2024.

“Prioritas saat ini adalah konsolidasi pasca-pemilu 2024. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan pada tahun ini. Jadi fokus utama kita ada di situ,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan Golkar dan Gerindra dalam Pilkada 2024, meskipun pada level nasional mereka berada di koalisi yang berbeda selama pemilihan presiden. Menurutnya, dinamika politik di pilpres dan pilkada memiliki perbedaan yang signifikan.

“Dalam konteks pilkada, kerja sama antar partai politik sangat biasa, karena salah satu syaratnya adalah memiliki 20% kursi. Itu merupakan langkah yang wajar diambil oleh partai,” ujar Hasto. 

“Dinamika politik di tingkat nasional sangat berbeda dengan dinamika politik di tingkat daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota,” tambahnya.

Hasto menjelaskan bahwa kerja sama dengan Golkar dan Gerindra akan dilakukan dengan mempertimbangkan daerah mana yang memiliki potensi untuk dimenangkan jika bekerjasama. Dia juga menyatakan bahwa PDIP terbuka untuk kembali bekerja sama dengan partai seperti PPP, Hanura, dan Perindo.***

Array
header-ads

Berita Lainnya