Pastikan Pemilu Jurdil, Ini Kinerja Pengawasan Panwascam Astanajapura

Ciremaitoday.com, Cirebon – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu) Astanajapura, Kabupaten Cirebon berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja pengawasan pada setiap tahapan Pemilu 2024.

Hal tersebut untuk memastikan tahapan Pemilu 2024 berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Jurdil).

Ketua Panwascam Astanajapura, Muhammad Ali Akbar menyampaikan, pihaknya selalu mengevaluasi setiap kegiatan pengawasan pada tahapan Pemilu tahun 2024. Hasil dari evaluasi itu, pihaknya melaksanakan rakor bersama para PKD di wilayahnya.

Rakor dilakukan untuk meningkatkan pemahaman regulasi tentang Pemilu sekaligus membahas strategi pencegahan dalam setiap tahapan Pemilu.

“Kami cek pelaporan dan dokumentasi hasil dari pengawasan dari PKD. Jika ada hal yang kurang maka kami minta untuk diperbaiki,” katanya.

Ia melanjutkan, pihaknya sudah melaksanakan pengawasan dari mulai verifikasi faktual caleg. Tak berselang lama, pihaknya membuka rekrutmen PKD.

Setelah dilantik, lanjut dia, para PKD turun ke lapangan untuk mengawasi rekrutmen Pantarlih sampai ke proses pelantikan. Ketika Pantarlih turun, maka pihaknya mengawasi proses penyusunan pemutakhiran data pemilih dengan mengawasi pencocokan dan penelitian (Coklit) sampai ke penetapan DPT.

Saat ini, pihaknya masih terus mengawasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Selain itu, sebelum memasuki masa kampanye, jajaran Panwascam Astanajapura melakukan penertiban Alat Peraga Sosialiasi (APS) yang melanggar peraturan perundang-undangan.

Dalam waktu dekat ini, lanjut dia, pihaknya akan memasuki proses pengawasan logistik. Untuk itu, para PKD pum sudah dikumpulkan untuk dibekali pemahaman terkait pengawasan logistik.

“Apa yang perlu dicek? Barang apa saja yang perlu diverifikasi? Berapa jumlahnya? Dan lainnya,” pungkasnya. (*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *