Panwascam Talun gelar Rakor Pengawasan Kampanye Pemilu 2024. (Foto:Ist)

Panwascam Talun Ingatkan PKD dan PTPS Bangun Sinergitas Dalam Pengawasan Kampanye Pemilu

Ciremaitoday.com, Cirebon – Membangun sinergitas bagian penting dalam pengawasan kampanye pemilihan umum (Pemilu) 2024. Upaya itulah yang dilakukan Panwascam Talun untuk mensukseskan pesta demokrasi yang jujur dan adil. 

Hal itu diungkapkan Ketua Panwascam Talun, Satori, saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Kampanye Pemilu 2024, di RM Dapoer Cendana, Jl Cendana Raya Bumi Arumsari Desa Cirebon Girang, Kamis (25/1/2024).

“Pengawas desa sekarang sudah ada yang membantu dalam melakukan pengawasan. Sebab kemarin kita telah melantik 210 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Talun,” katanya. 

Rakor Pengawasan Kampanye Pemilu 2024 tersebut dihadiri oleh 11 orang unsur Panwascam Talun dan 11 orang dari unsur PKD se-Kecamatan Talun. Adapun narasumber dalam rakor ini yakni Tri Sutrisno.

Satori meminta kepada PKD untuk memperkuat koordinasi dengan PTPS dalam melakukan pengawasan, karena mereka sudah menjadi bagian dari Panwascam Talun.

“Kami ingatkan agar pengawasan dan teknis dapat berkepastian hukum, harus sesuai dengan regulasi. Kerja teknis kita berdasarkan regulasi, kami harapkan semua dapat bekerja di lapangan bukan hanya soal keberanian tapi berkepastian hukum,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, rakor ini bertujuan untuk menyatukan pemahaman dan persepsi dalam menghadapi tahapan kampanye, sehingga ketika melakukan pengawasan sesuai dengan mekanisme yang ada.

Ia juga menekankan kepada PKD agar selalu berkoordinasi dengan penyelenggara di tingkat desa.

“Jangan lupa juga untuk tetap berkomunikasi dan koordinasi dengan semua pihak di wilayah desa sebagai upaya pencegahan,” tuturnya. 

Panwascam Talun berharap proses tahapan kampanye yang dilaksanakan sampai dengan 10 Februari 2024 ini bisa berjalan dengan tertib, aman, dan lancar. (*) 

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *