Panwascam Pangenan Tekankan Pengawasan Logistik dan PKD Sinergi dengan PPS

Ciremaitoday.com, Cirebon – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pangenan menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Logistik Pada Pemilu 2024. Bertempat di salah satu rumah makan di Pangenan, Selasa (19/12).

Ketua Panwascam Pangenan, Imam Sibaweh menjelaskan Rapat Koordinasi Pengawasan Logistik merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap logistik Pemilu menjelang hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024.

Pengawas Pemilu melakukan pengawasan tahapan pengadaan dan pendistribusian Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara lainnya pada Pemilu 2024.

Menurutnya, Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Pangenan harus melakukan pengawasan melalui pengawasan secara langsung. Kemudian analisis data yang didapatkan dalam pelaksanaan pengawasan pendistribusian Perlengkapan Pemungutan Suara.

“Dukungan perlengkapan lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara lainnya pada Pemilu 2024 di wilayah kelurahan/desa di Kecamatan Pangenan,” katanya.

Ia pun meminta PKD bisa berkoordinasi dengan sesama penyelanggara. Yakni PPS untuk saling mengawasi tahapan pendistribusian logistik di wilayah Kecamatan Pangenan.

” Mulai dari tahapan perencanaan, pengadaan, dan pendistribusian,” katanya.

Menurutnya, tahapan pendistribusian bisa diambil rumus 5-3-1. Dimaksudkan, 5 hari sebelum dilaksanakannya pemilu logistic dikirim ke PPK, 3 hari sebelum dilaksanakannya pemilu logistik dikirim ke PPS. “Dan 1 hari dilaksanakannya pemilu logistik sudah ada di TPS,” pungkasnya. (*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *