Panwascam Pabuaran Tingkatkan Kewaspadaan untuk Cegah Kecurangan Pemilu

Ciremaitoday.com, Cirebon – Dalam upaya mencegah potensi kecurangan dalam pemilu, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pabuaran, Kabupaten Cirebon, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan suara (tungsura).

Bimtek ini fokus pada peningkatan kewaspadaan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Ketua Panwascam Pabuaran, Sutisno, menegaskan bahwa pemahaman yang sama dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara adalah krusial untuk mencegah dan menangani pelanggaran.

“Kami memberikan penekanan pada identifikasi kerawanan serta memberikan informasi dan bimbingan kepada PTPS untuk respons yang efektif terhadap situasi di lapangan,” ujarnya pada Senin (12/2/2024).

Selain itu, Sutisno menyoroti pentingnya koordinasi antara berbagai pihak terkait, seperti petugas KPU, Pengawas TPS, Pengawas Desa/Kelurahan, dan Panwascam. “PTPS memiliki tanggung jawab besar dengan waktu kerja terbatas. Koordinasi yang aktif antarlembaga sangat penting,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sutisno menegaskan pentingnya menyelesaikan masalah di tingkat KPPS tanpa menunggu terlalu lama.

“Kami menginstruksikan pengawas pemilu untuk menyelesaikan masalah sesuai tingkatan. Jika masalah dapat diatasi di tingkat TPS, penyelesaiannya harus selesai di tingkat kecamatan,” jelasnya.

Ia juga menekankan pentingnya komunikasi yang baik dalam menyelesaikan masalah, sambil mendorong pengawas pemilu untuk melaporkan pelanggaran ke Bawaslu jika diperlukan.

“Kami akan mengevaluasi proses pemantauan dan menyelesaikan masalah dengan tertib administrasi di setiap tingkatan,” pungkasnya.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *