MK Bersiap Hadapi Sidang Perdana Sengketa Hasil Pemilu 2024, Pengamanan Diperketat

Ciremaitoday.com,Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) telah menjadwalkan sidang perdana sengketa atau perselisihan hasil pemilu (PHPU) Pilpres 2024 dan memperketat pengamanan di sekitar gedung MK.

Pada Senin (25/3) pukul 10.55 WIB, pengamanan sudah terlihat diperketat dengan pembatas beton dan kawat berduri yang dipasang mengelilingi gedung MK. Petugas keamanan dari Polri juga tampak berjaga di depan gedung dengan tiga kendaraan taktis (rantis) disiagakan di lokasi.

Prosedur pengamanan juga diperketat dengan pemeriksaan barang bawaan sebelum memasuki gedung. Juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono, menyatakan bahwa pihaknya telah meminta bantuan personel kepolisian untuk pengamanan di dalam gedung MK, sementara pengamanan di luar gedung sepenuhnya menjadi kewenangan kepolisian.

Fajar menjelaskan, bahwa pengamanan tersebut bertujuan untuk menjaga ketertiban dalam pelaksanaan sidang PHPU. Alasan lainnya adalah karena sidang tersebut menjadi perhatian publik dan membutuhkan pengamanan ekstra untuk mengatur parkir dan masuknya hakim serta pelapor.

Sebelumnya, MK telah menutup pendaftaran perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Presiden, Wakil Presiden, dan Anggota Legislatif alias Pileg. Hingga Senin (25/3) pukul 10.30 WIB, MK telah menerima 277 permohonan gugatan PHPU yang meliputi Pilpres, DPD, DPR RI, dan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Detail gugatan PHPU yang diajukan di MK yaitu sengketa hasil Pilpres yakni 2 gugatan, sengketa hasil Pileg DPR/DPRD ada 263 gugatan, dan sengketa hasil Pileg DPD ada 12 gugatan.
Total keseluruhan gugatan yang masuk hingga hari ini mencapai 277 gugatan yang didaftarkan ke MK. Sidang sengketa pilpres dijadwalkan akan dimulai pada 27 Maret 2024.***

Array
header-ads

Berita Lainnya