Mendorong Inovasi Pertanian: Tina Wiryawati Dorong Penggunaan Pupuk Organik Cair di Kuningan

Ciremaitoday.com,Kuningan– Hj Tina Wiryawati selaku Anggota Komisi I DPRD Jabar menggalakkan inovasi pertanian, dengan mendorong anggota kelompok wanita tani di Kabupaten Kuningan. Hal ini demi meningkatkan produktivitas menggunakan pupuk nitrogen organik cair yang dapat diproduksi sendiri.

Dalam sesi pendidikan politik di Desa Puncak Kecamatan Cigugur belum lama ini, Tina memperkenalkan pupuk organik cair melalui penyuluh pertanian Susanti dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kuningan. Tina menekankan bahwa inovasi ini tidak hanya mengatasi mahalnya pupuk kimia tetapi juga meningkatkan hasil pertanian.

“Pupuk organik cair buatan sendiri ini tidak hanya lebih ekonomis, tetapi juga telah terbukti menghasilkan pertanian yang lebih baik daripada pupuk urea pabrikan,” kata Tina, yang juga Wakil Sekjen DPP Partai Gerindra.

Petugas penyuluh pertanian, Susanti, menambahkan bahwa pupuk organik cair ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk meningkatkan kualitas tanaman, ketahanan terhadap hama, serta kesuburan tanah dengan pemakaian yang lebih hemat.

Pendukung inisiatif ini juga datang dari Kepala Desa Puncak, Mustopa, yang menyatakan bahwa kelompok wanita tani di desanya telah mencoba pupuk organik cair selama dua tahun terakhir dengan hasil yang memuaskan.

“Dengan bimbingan petugas PPL, kami melihat hasil yang bagus. Kami akan terus mensosialisasikan keunggulan pupuk ini kepada petani lainnya,” kata Mustopa.

Tina Wiryawati juga diapresiasi atas kontribusinya dalam membantu kelompok wanita tani, dan rencananya untuk terus mengembangkan hasil pertanian menjadi produk olahan UMKM untuk meningkatkan ekonomi lokal.

Agenda ini juga mencakup pelatihan ekonomi kreatif bagi berbagai kalangan di Joglo Wanariksa desa setempat.(*) 

Array
header-ads

Berita Lainnya