Caption: Ketua Panwaslu Kecamatan Haurgeulis, Ilham Gunawan saat konferensi pers, Minggu (31/12). Foto: Ist

Memprihatinkan, Panwaslucam Hargeulis Sebut Gudang Logistik Pemilu Sudah Tua dan Tak Terawat

Ciremaitoday.com, Indramayu-Panwaslu Kecamatan (Panwaslucam) Haurgeulis Kabupaten Indramayu menilai kondisi kelayakan tempat rekapitulasi dan gudang logistik di wilayahnya sangatlah memprihatinkan.

Pasalnya, bangunan yang selalu menjadi tempat langganan setiap kegiatan Pemilihan atau Pemilu itu dinilai sudah cukup tua dan tak terawat.

Bangunan tersebut diketahui adalah sebuah gedung bekas sekolah dasar yang lama sudah tidak beroperasi kembali.

“Jika berbicara lokasi memang cukup strategis, karena bukan berada di wilayah yang sulit dilalui, tapi ya itu, bangunannya sudah berumur,” kata Ketua Panwaslu Kecamatan Haurgeulis, Ilham Gunawan saat konferensi pers, Minggu (31/12).

“Mengingat proses pendistribusian ada di puncak musim penghujan, dikhawatirkan akan berimbas kepada kualitas logistik Pemilu itu sendiri,” sambungnya.

Ilham mengaku, pihaknya telah melakukan diskusi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Haurgeulis untuk melakukan pengecekan secara langsung mengenai situasi bangunan saat kondisi hujan tiba.

“Gudang atau bangunan yang disiapkan, tentunya harus memiliki sarana dan prasarana yang sesuai dengan ketentuan, demi keamanan logistik Pemilu. Terpenuhi dari aspek keamanan serta kelayakan,” ujarnya.

Menurutnya, perihal imbauan mengenai penyediaan sarana penyimpanan logistik yang memadai, merupakan bagian dari bentuk pencegahan terjadinya hal-hal yang dapat merugikan keberlangsungan Pemilu di Kecamatan Haurgeulis. Apalagi, lanjutnya, logistik merupakan bagian terpenting dari pelaksanaan pungut hitung.

“Kalau memang benar-benar aman tentu bisa dipergunakan. Soalnya, sebagian besar logistik pemilu itu berupa kertas dan kardus. Otomatis akan sangat mudah rusak terkena air. Meskipun bisa dibungkus plastik. Tapi kalau tidak, kita akan berikan rekomendasi untuk mencari alternatif tempat lain,” pungkasnya. (*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *