Masa Tenang: Panwascam Depok Gencarkan Penertiban APK yang Masih Terpasang

Ciremaitoday.com, Cirebon – Dimulainya masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) pada 11 hingga 13 Februari 2024, menjadi waktu sibuk bagi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Depok.

Selama periode ini, fokus utama mereka adalah menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang di wilayah mereka.

Ketua Panwascam Depok, Dede Kurniawan, menegaskan bahwa seluruh APK di wilayah Kecamatan Depok telah diturunkan.

“Saat ini, APK dianggap sebagai metode kampanye yang dilarang selama masa tenang. Tugas kami adalah memastikan wilayah kami bersih dari APK yang masih terpasang,” ujarnya kepada media pada Minggu (11/2/2024).

Dede Kurniawan menekankan bahwa penertiban APK melibatkan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), yang bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami telah memberi instruksi kepada PTPS untuk memastikan tidak ada APK yang tersisa di TPS. Jika ditemukan, tindakan langsung akan diambil,” tambahnya.

Sebelum melaksanakan penertiban, Panwascam Depok menggelar apel kesiapan bagi jajaran pengawas di wilayah mereka. Selain itu, mereka juga akan melaksanakan patroli masa tenang guna mencegah segala bentuk pelanggaran pemilihan.

“Dalam patroli ini, kami berupaya meminimalisir upaya kampanye oleh peserta pemilu serta mengawasi potensi pelanggaran lainnya,” jelas Dede.

Dia juga mengingatkan timnya untuk menjaga kesehatan, terutama mengingat kondisi cuaca ekstrim saat ini, demi menjalankan tugas pengawasan dengan optimal.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *