Gedung Mahkamah Konsitusi di Jakarta. (Foto: Ist)

Mahkamah Konstitusi Siap Mengadili 297 Perkara Hasil Pileg 2024

Ciremaitoday.com,Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) bersiap mengadili sebanyak 297 perkara terkait hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024. Sidang perdana untuk gugatan Pileg dijadwalkan akan digelar pada Senin (29/4).

Fajar Laksono, Juru Bicara MK, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima registrasi sebanyak 297 perkara terkait Pileg. “Total perkara Pemungutan Hak Pilih Ulang (PHPU) Pileg itu 299, dua di antaranya sudah selesai. Jadi, ada 297 perkara PHPU Pileg yang telah kita registrasi dan resmi menjadi perkara,” kata Fajar Laksono, Kamis (25/4). 

Menurut Fajar, sidang gugatan Pileg akan dibagi menjadi tiga panel. Rencananya, seluruh sidang akan selesai pada 10 Juni. Proses sidang akan mengikuti agenda yang sama dengan sidang PHPU Pilpres mulai dari pembacaan permohonan pemohon, jawaban termohon, pihak terkait, pemberi keterangan, hingga pendengaran saksi dari para pihak.

Fajar juga menjelaskan bahwa sidang akan dilakukan pada hari Senin dan Selasa. “Ada 79 hari Senin dan 53 hari Selasa. 79 hari Senin akan dibagi menjadi tiga panel, begitu juga dengan 53 hari Selasa. Jadwal sidang lengkapnya dapat dilihat di laman MK,” ujarnya.

“Harapannya, pada 10 Juni semuanya sudah selesai. Proses harus berjalan sesuai target, karena kami memiliki batas waktu 30 hari kerja sejak registrasi untuk menyelesaikan perkara,” tambahnya.

MK juga mengungkapkan bahwa lebih dari 240 pihak terkait telah mendaftar sebagai pemohon gugatan Pileg. Fajar menyatakan bahwa kehadiran pihak terkait ini penting untuk mempertahankan gugatan yang diajukan oleh pemohon selama persidangan.

“Pihak terkait memiliki kepentingan untuk membela posisi atau suaranya yang terkait dengan perkara tersebut. Jika tidak hadir, berarti tidak ada yang membela kepentingannya dalam persidangan,” pungkasnya.***

Array
header-ads

Berita Lainnya