Mahkamah Konstitusi Jadwalkan Pembacaan Putusan PHPU Pilpres 2024 Pekan Depan

Ciremaitoday.com,Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengumumkan jadwal pembacaan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 terkait permohonan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menurut laman resmi MK, putusan PHPU Pilpres dijadwalkan akan dibacakan pada Senin (22/4) pukul 09.00 WIB pagi. Pengumuman ini disampaikan oleh MK pada Jumat (19/4).

Perkara yang diputus mencakup nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dan 2/PHPU.PRES-XXII/2024. Saat ini, delapan hakim konstitusi masih berada dalam proses Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) untuk membahas putusan PHPU Pilpres tersebut. RPH tersebut dilaksanakan secara tertutup.

Dalam petitumnya, kedua kubu yang menggugat meminta majelis hakim untuk mendiskualifikasi pasangan 02 Prabowo-Gibran atas sejumlah kecurangan pemilu, termasuk keabsahan pencalonan Gibran.

Seiring dengan RPH tersebut, berbagai pihak mengajukan Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan kepada MK, mulai dari Megawati Soekarnoputri hingga deretan guru besar yang mengajukan diri sebagai Amicus Curiae.

Mereka menyuarakan keinginan agar hakim mengadili secara adil dan menyoroti kecurangan dalam pemilu. Di sisi lain, juga terdapat Amicus Curiae yang mendukung Prabowo-Gibran.***

Array
header-ads

Berita Lainnya