Jajaran Komisi II DPRD Provinsi Jabar saat melakukan kunjungan ke Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII di Kabupaten Ciamis, Jabar. (Foto: Andri)

Kunjungi Cabang Dinas Kehutanan di Ciamis, Dudy Pamuji Dorong Program Penghijauan

Ciremaitoday.com,Ciamis – Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Jabar mengadakan kunjungan kerja ke Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII di Kabupaten Ciamis, Jabar. Kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan yang didanai oleh APBD Tahun Anggaran 2024.

Dalam kunjungan tersebut, Anggota Komisi II DPRD Jabar, H Dudy Pamuji dari Fraksi Golkar, melakukan diskusi mendalam mengenai sejumlah persoalan kehutanan. Ia menegaskan pentingnya optimalisasi program-program yang dikelola oleh Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII di Kabupaten Ciamis.

“Saya bersama jajaran Komisi II DPRD Jabar akan terus mendorong program-program berkelanjutan, seperti peningkatan produksi hasil hutan, penyuluhan kehutanan, pemberdayaan masyarakat sekitar hutan, serta program perlindungan hutan,” ujar H Dudy Pamuji dalam keterangan persnya, Selasa (4/6). 

Pemprov Jabar, lanjutnya, juga mendorong masyarakat untuk melaksanakan gerakan menanam pohon. Ini merupakan upaya pengendalian dan rehabilitasi lahan kritis serta pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Jabar.

“Saat ini, banyak bagian hulu DAS yang menjadi lahan kritis akibat perilaku tak bertanggung jawab, seperti penebangan pohon ilegal dan pemanfaatan lereng untuk kegiatan pertanian musiman,” tambahnya.

“Hal ini berpotensi mengurangi kemampuan lahan dalam menyerap, menyimpan, dan mengalirkan air, sehingga bencana hidrologi seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan lebih mudah terjadi,” imbuhnya. 

Dudy berharap dinas teknis terus mengkampanyekan gerakan menanam pohon, khususnya di lahan-lahan kritis.

“Dalam rangka melestarikan hutan, tentunya perlu partisipasi dari semua pihak. Salah satu wujud nyata dari upaya ini adalah melalui gerakan menanam pohon,” tegasnya.

Ia juga menekankan bahwa gerakan menanam pohon adalah amalan baik yang harus didukung oleh seluruh masyarakat.

“Menanam pohon bisa menghasilkan oksigen yang baik untuk kehidupan manusia. Jadi, menanam pohon sama halnya dengan melakukan sedekah jariyah,” pungkasnya.(Andri) 

Array
header-ads

Berita Lainnya