Ilustrasi Gedung KPU RI. (Foto: Ist)

KPU Optimistis Rekapitulasi Berjenjang Pemilu 2024 Selesai Tepat Waktu

Ciremaitoday.com,Jakarta – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), August Mellaz, menegaskan optimisme pihaknya dalam menyelesaikan proses rekapitulasi berjenjang Pemilu 2024 tepat waktu. Menurutnya, proses rekapitulasi tersebut hingga tahap nasional saat ini berjalan lancar.

Mellaz menjelaskan bahwa seluruh proses rekapitulasi, mulai dari tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga tingkat provinsi, telah berlangsung dengan baik.

“Setiap hari kami selalu dapat update mengenai perkembangan tersebut,” ujarnya kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta, pada Selasa (12/3).

Dalam menjalankan proses tersebut, Mellaz menegaskan bahwa KPU tetap menjalankan kewaspadaan dan keterbukaan. Setiap kejadian atau peristiwa khusus dibahas secara cermat dalam rapat pleno terbuka.

“Update mengenai proses rekapitulasi sudah mulai selesai satu per satu. Kami optimis pada tanggal 20 Maret akan melakukan penetapan hasil secara nasional,” tambahnya.

Diketahui, berdasarkan peraturan perundang-undangan, KPU memiliki waktu 35 hari sejak pemungutan suara untuk menetapkan hasil Pemilu. Oleh karena itu, tenggat waktu penetapan hasil jatuh pada tanggal 20 Maret mendatang.

Hingga saat ini, proses rekapitulasi berjenjang tingkat nasional telah dilakukan di sembilan provinsi. Sementara itu, KPU masih memiliki waktu hingga tanggal 20 Maret untuk menetapkan hasil perolehan suara secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, KPU juga melaksanakan rekapitulasi dua panel untuk proses rekapitulasi dalam negeri. Metode ini sebelumnya telah digunakan untuk rekapitulasi suara di luar negeri, menunjukkan komitmen KPU dalam menjaga integritas dan transparansi proses demokrasi di Indonesia.*** 

Array
header-ads

Berita Lainnya