Caption: Proses pelantikan anggota KPPS Kelurahan Karanganyar Indramayu. Foto: Selamet Hidayat

KPU Indramayu Lantik Anggota KPPS Pemilu 2024, Sekaligus Lakukan Penghijauan

Ciremaitoday.com, Indramayu-Komisi pemilihan umum (KPU) secara serentak melaksanakan pelantikan KPPS untuk Pemilu 2024. Sebanyak 5.741.127 orang dari 820.161 TPS yang tersebar di 71.000 titik tempat pelantikan KPPS.

Proses pelantikan KPPS juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan, Kamis (25/1).

Ketua KPU RI Hasyim As’yan dalam sambutannya mengatakan KPU menyadari dengan tercetak banyaknya logistik pemilu berbahan baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam.

KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

“Total kebutuhan kertas dengan berbagai jenis untuk logistik pemilu 2024 sekitar 65.998 ton atau setara dengan 65.998.000 kilo gram kertas,” terang Ketua KPU.

Kebutuhan tersebut dapat diganti dengan menanam 5.709.898 bibit pohon. Maka diharapkan setiap bibit pohon akan menggantikan 11,6 Kilogram kertas.

KPU juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tiga kategori rekor yaitu :

1. Pelantikan secara serentak anggota Penyelenggara pemilu terbanyak.

2. Bimbingan teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara terbanyak.

3. Penanaman bibit Pohon terbanyak secara serentak oleh anggota penyelenggara pemilu terbanyak.

KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara

“Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada 7 orang anggota KPPS, yang berbeda dengan pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis kepada 1 orang anggota KPPS,” terangnya.

KPU berharap agar anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu. Bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan.

” Anggota KPPS agar bisa bekerja dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS,” ujar Hasyim Asy’ari.

Sementara itu, Panitia Pemungutan suara (PPS) Kelurahan Karanganyar Kabupaten Indramayu melantik sebanyak 91 orang anggota KPPS dari 13 TPS yang tersebar di beberapa titik di Kelurahan Karanganyar dan kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota KPPS untuk bisa bekerja sebaik mungkin dan menjaga Integritas dan berpedoman pada undang-undang, dan selalu menjaga kesehatan agar bisa bekerja semaksimal mungkin untuk kesuksesan jalannya pemilu 2024,” ucap Ketua PPS Kelurahan Karanganyar, Muhammad Arief Fadhillah.(*)

 

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *