Caption: Pelaksanaan simulasi pemungutan suara berlangsung di lapangan Asrama Haji Watubelah Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Foto: Joni

KPU di Cirebon Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

Ciremaitoday.com, Cirebon-Pemilu 2024 sebentar lagi akan dilaksanakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) di berbagai daerah pun sudah melakukan segala macam persiapannya. Seperti halnya KPU Kabupaten Cirebon yang hari ini menggelar simulasi pencoblosan dan penghitungan suara.

Dalam pelaksanaan simulasi berlangsung di lapangan Asrama Haji Watubelah Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon itu, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menyediakan 5 bilik suara, 5 kotak suara diantaranya Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota, lengkap beserta tinta biru, selain itu juga tersedia tempat duduk untuk para peserta pemilu lansia dan disabilitas.

Sebelum dilaksanakannya pencoblosan, petugas KPPS melakukan sumpah terlebih dahulu yang disaksikan oleh peserta pemilu, setelah pembacaan sumpah, peserta pemilun yang sudah mendaftarkan diri mendapat 5 surat suara, untuk pencoblosan dibalik bilik suara.

Anggota KPU Kabupaten Cirebon, Apendi mengatakan tujuan digelarnya simulasi tersebut untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang alur proses pemungutan suara.

“Kemudian untuk mengenalkan terkait formulir-formulir dan dummy surat suara kepada pemilih dan kemudian juga kepada masyarakat,” katanya.

Pihaknya juga menyampaikan, simulasi tersebut juga untuk mengetahui durasi waktu dar mulai pemungutan sampai penghitungan suara.

“Ada petugas yang mencatat itu, sehingga kita punya antisipasi-antisipasi dalam pelaksanaan nanti, setelah simulasi kita akan lakukan evaluasi di internal terkait pemungutan suara berbasis pada simulasi,” pungkasnya.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *