Ilustrasi Gedung KPU RI. (Foto: Ist)

KPU Bakal Lakukan Pemungutan Suara Ulang Pemilu di Kuala Lumpur

Ciremaitoday.com,Jakarta – Dalam pengumuman terbaru dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), dijadwalkan akan terjadi pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Minggu (10/3). Sebuah perubahan signifikan terjadi dalam rencana semula, dimana PSU di Kuala Lumpur hanya akan berlangsung selama satu hari, berbeda dari rencana awal yang menyebutkan durasi dua hari.

Menurut Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam keterangannya pada Sabtu (9/3) ini, perubahan dilakukan setelah mempertimbangkan berbagai faktor serta masukan dari pihak-pihak yang memahami kondisi di Kuala Lumpur.

“Kita memutuskan untuk menyelenggarakan PSU hanya dalam satu hari, yaitu hari Minggu, dengan menggunakan metode TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan KSK (Kotak Suara Keliling),” ujar Hasyim.

Alasan penggunaan metode KSK, seperti yang dijelaskan oleh Hasyim, adalah karena lokasi pemungutan suara yang berada di luar pusat kota Kuala Lumpur. Di lokasi tersebut terdapat komunitas warga Indonesia yang akan memudahkan proses pemungutan suara.

Setelah proses pemungutan suara KSK selesai, suara yang telah terkumpul akan langsung dibawa ke kantor Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Kuala Lumpur untuk segera dihitung bersama suara dari metode TPS. Hal ini menunjukkan komitmen KPU dalam menyelenggarakan pemilu yang adil dan transparan untuk warga negara Indonesia di luar negeri.***

Array
header-ads

Berita Lainnya