Kewaspadaan PTPS Diperlukan dalam Tahapan Tungsura Pemilu 2024, Kata Panwascam Ciwaringin

Ciremaitoday.com, Cirebon – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, menyoroti pentingnya kewaspadaan Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam menghadapi tahapan pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) Pemilu 2024.

Ketua Panwascam Ciwaringin, Nadiri, mengungkapkan dalam konferensi pers pada Senin (12/2/2024), bahwa tahapan pungut-hitung memiliki peran krusial sebelum hasil pemilu diputuskan.

Nadiri menekankan pentingnya PTPS untuk segera mengidentifikasi potensi kerawanan dan menerapkan tindakan pencegahan yang tepat.

Menurut Nadiri, koordinasi aktif antara petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) (KPPS) dengan PTPS sangat penting. Dia menegaskan perlunya menyelesaikan masalah rekapitulasi dengan cepat, bahkan jika perlu bekerja hingga larut malam, agar penyelesaian dapat terjadi di tingkat KPPS.

“Koordinasi yang efektif sangat diperlukan untuk menangani masalah hingga tingkat KPPS tanpa menunggu waktu lebih lama di tingkat kecamatan,” ungkap Nadiri.

Selain itu, Nadiri menilai komunikasi sebagai kunci penyelesaian masalah. Ia mengajak pengawas pemilu untuk melaporkan pelanggaran tugas ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Bawaslu telah memberikan instruksi kepada pengawas pemilu untuk menangani permasalahan pada tingkat masing-masing, dengan harapan masalah dapat terselesaikan di tingkat kecamatan.

“Jangan menunggu atau memperpanjang waktu penghitungan terlalu lama di tingkat kecamatan. Ini dapat menjadi melelahkan, terutama saat membuka kotak dan plano,” tambah Nadiri.

Ia meyakini bahwa dengan komunikasi yang baik, semua masalah dapat diselesaikan.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *