Caption : Deklarasi pemilu damai Polresta Cirebon. Foto : Ist

Ciptakan Suasana Sejuk, Polresta Cirebon Deklarasikan Pemilu Damai Bersama Seluruh Stakeholder

Ciremaitoday.com, Cirebon-Dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan menjelang Pemilu 2024, Polresta Cirebon menggelar deklarasi damai yang berlangsung di Aula Pesat Gatra Mapolresta Cirebon, Rabu (16/8/2023). Deklarasi tersebut juga melibatkan seluruh elemen di Kabupaten Cirebon.

Di antaranya, Forkopimda, KPU, dan Bawaslu Kabupaten Cirebon, serta para peserta Pemilu 2024, yakni 18 partai politik di Kabupaten Cirebon. Adapun unsur lainnya, yakni MUI, Banser NU, Fatayat NU, Muhammadiyah, Tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan lainnya.

Deklarasi tersebut dilaksanakan dengan pembacaan deklarasi pemilu damai dipimpin oleh ketua KPU dan diikuti oleh seluruh tamu undangan serta penandatangan pernyataan pemilu damai oleh forkopimda, pelaksana, pengawas, dan peserta Pemilu 2024.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, deklarasi Pemilu damai tersebut bertujuan untuk menciptakan suasana sejuk dan kondusif menjelang, saat dan pasca Pemilu 2024, khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon.

Pihaknya juga mengharapkan agar seluruh komponen yang terlibat agar bisa mendukung dan membantu dalam penyelenggaran Pemilu 2024 demi tercapainya situasi kamtibmas Kabupaten Cirebon yang aman, damai, dan sejuk.

“Kami juga mengajak seluruh pendukung parpol dan calon legislatif dapat melakukan pesta demokrasi secara profesional, proporsional dan taat hukum serta mementingkan kepentingan masyarakat luas,” ujar Kombes Pol Arif Budiman kepada wartawan usai Deklarasi.

“Kegiatan ini dalam rangka untuk menyamakan visi sekaligus persepsi, apa pun kontestasi yang dilaksanakan tetap jaga persatuan dan kesatuan,” sambungnya.

Kemudian, terkait dengan tahapan pemilu sendiri, kata dia, ketua KPU Kabupaten Cirebon sudah menyampaikan untuk agenda ke depannya. Yakni mulai dari dilakukan penetapan daftar caleg sementara (DCS) dan selanjutnya.

“Terkait dengan hal dimaksud, kita juga sudah melakukan langkah-langkah persiapan sekaligus juga menyusun pola pengamanan dalam rangka pengamanan kontestasi itu sendiri,” katanya.

Pihaknya, juga telah melakukan upaya untuk membangun sinergitas antara aparat penegak hukum melalui forum Gakkumdu. Yakni, dengan Kejaksaan Negeri, Bawaslu dan lainnya.

“Pada prinsipnya Polresta Cirebon beserta seluruh stakeholder yang ada, termasuk juga dukungan dari TNI Kodim 0620 siap untuk melaksanakan pengamanan dalam rangka kontestasi pemilu tahun 2024,” pungkas Kombes Pol Arif Budiman.

Hal sama juga disampaikan Bupati Cirebon, H. Imron. Menurut dia, semua pihak telah sepakat bahwa Pemilu harus berjalan dengan kondusif.

“Kesepakatan bahwa pemilu berjalan dengan kondusif. Kita jaga persatuan dan kesatuan. Kita intinya sepakat bahwa seluruh partai dan juga Forkompimda didukung oleh Kapolresta Cirebon, kita mengadakan kebersamaan menjaga kondusifitas didalam pemilu dan pilpres,” katanya. (*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *