Ketua Bawaslu Kuningan, Jabar, Firman saat dimintai keterangan pers sejumlah awak media. (Foto: Andri)

Bawaslu Kuningan Sebut Masih Dalami Laporan Dugaan Politik Uang

Ciremaitoday.com,Kuningan – Bawaslu Kabupaten Kuningan, Jabar, kini masih terus mendalami laporan dugaan politik uang yang dilakukan calon legislatif di daerah. Setidaknya ada dua dugaan politik uang yang masih berproses sampai sekarang, Sabtu (2/3), yakni berlokasi di Kadatuan dan Nusaherang.

“Terkait money politik yang sedang kita dalami itu ada dua. Pertama yang terjadi pada tahapan masa tenang dan kedua pada tahapan saat pemungutan suara,” kata Ketua Bawaslu Kuningan, Firman saat diwawancarai sejumlah awak media.

Dia menyebut, jika penanganan dugaan politik uang saat masa tenang kini masih menggali informasi. Bahkan telah dilakukan pula pemanggilan terhadap saksi-saksi, termasuk caleg daerah terkait.

“Kita sekarang sedang menggali informasi atau klarifikasi dari sejumlah saksi. Jadi ada dua dugaan kasus money politik yang sedang kita dalami, Kadatuan dan Nusaherang,” terangnya.

Soal sanksi seperti apa, Ia menyebut, jika hal itu masih terlalu dini untuk disimpulkan. Sebab prosesnya cukup panjang, karena mesti ada tahapan lagi hingga tingkat Gakumdu.

“Memang prosesnya panjang ya. Sebab setelah dari kami, nanti akan berproses ke Gakumdu yang di dalamnya ada Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian,” imbuhnya.

Dia memastikan, proses penanganan akan terus berjalan selama memenuhi unsur-unsur yang ditentukan.(*) 

Array
header-ads

Berita Lainnya