Bawaslu Kabupaten Kuningan, Jabar, telah melaksanakan pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi 3.596 Pengawas TPS secara serentak di 32 kecamatan.

3.596 Pengawas TPS Dilantik Bawaslu Kuningan, Serentak di 32 Kecamatan

Ciremaitoday.com, Kuningan – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuningan, Jabar, telah melaksanakan pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang akan bertugas dalam Pemilihan Umum 2024. Proses pelantikan tersebut dilakukan serentak di 32 kecamatan, melibatkan total 3.596 PTPS di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan.
Komisioner Bawaslu Kuningan, Yayan Supriatna, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh PTPS terpilih yang telah menjalani proses pelantikan. “Saya haturkan selamat kepada 3.596 orang yang telah menjadi PTPS terpilih,” ucapnya dalam keterangan pers, Senin (22/1).
Yayan menekankan bahwa salah satu tugas krusial para pengawas pemilu adalah mengawasi tempat pemungutan suara. PTPS dianggap sebagai satuan yang berada di garis depan dalam menghadapi dinamika proses pemungutan dan penghitungan suara.
“Ihwal pemungutan dan penghitungan suara menjadi tahapan puncak dari rangkaian proses pemilu. Keberadaan pengawas TPS menjadi instrumen penting yang ikut menentukan kualitas proses ini,” katanya.
Lebih lanjut, Yayan menyatakan bahwa PTPS yang aktif dan progresif akan memahami tugas dan wewenangnya, serta dapat memaksimalkan perannya dengan baik.
“Pengetahuan dan keterampilan PTPS menjadi faktor utama dalam mewujudkan integritas proses pemungutan dan penghitungan suara,” tambahnya.
Ia menegaskan bahwa tugas PTPS tidak hanya sebatas pengawasan pada saat pemungutan dan penghitungan suara. Setelah proses pelantikan, mereka akan terlibat dalam berbagai pengawasan di wilayah masing-masing seperti memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS, menjalin komunikasi dengan stakeholder setempat, mengawasi distribusi C6, logistik, persiapan pembuatan TPS, serta memastikan pemungutan dan penghitungan suara sesuai prosedur.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *