ilustrasi, sumber:pixabay.com

Tradisi Bola Api Santri Ciwaringin Jelang Ramadhan

ciremaitoday.com, Cirebon, – Menjelang datangnya bulan suci ramadhan, berbagai tradisi dilakukan sejumlah kalangan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Di Ponpes Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon misalnya, ratusan santri pondok pesantren babakan Ciwaringin menggelar tradisi permainan api, mandi petasan dan juga sepak bola api.

Tradisi para santri ini, dilakukan sejak puluhan tahun silam sebagai rasa syukur atas dipertemukan kembali dengan bulan suci ramadhan. Meski tradisi seperti sepakbola api, dinilai cukup membahayakan, namun para santri ini sudah dibekali doa dan latihan khusus sebelum melakukan permainan ini.

Tradisi ini, dilakukan di sebuah lapangan di dalam kompleks pondok pesantren Babakan Ciwaringin. Kegiatan ini disaksikan oleh ribuan santri dan warga sekitar.

Baykuni seorang pembina santri mengaku tradisi ini sudah ada sejak jaman masa penjajahan belanda yang dilakukan oleh para santri dan ulama. Namun, pada masa itu bola yang digunakan adalah batu. Batu api ini dilakukan untuk para penjajah belanda agar tidak menyerang wilayah babakan Ciwaringin. Namun, lambat laun batu digantikan dengan bola api dan hingga saat ini masih terus dilakukan dan sudah menjadi tradisi para santri di babakan ciwaringin dalam setiap menyambut datangnya bulan ramadhan. (*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *