Caption : Dua Atlet Karate-Do sedang bertanding di Kejuaraan Karate Cup 2023 Piala Ketua Umum Forki Kota Cirebon, di Gor Bima. Foto : Joni

Ratusan Atlet Ikuti Kejuaraan Karate di Kota Cirebon, Meriahkan Hari Lahir Pancasila

Ciremaitoday.com, Cirebon РRatusan atlet Karate mengikuti kejuaraan yang digelar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kota Cirebon, Jawa Barat. Kejuaraan Karate Cup 2023 yang dinamai Piala Ketua Umum Forki Kota Cirebon ini, berlangsung di Gelanggang Olahraga (Gor) Bima, Kota Cirebon.

Ketua Umum Forki Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati menyampaikan, kegiatan turmanen ini digelar dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno sekaligus Hari Lahir Pancasila selama dua hari terhitung dari tanggal 2 hingga 3 Juni 2023.

Menurutnya, turnamen ini sempat terhenti kurang lebih 3 tahun akibat pandemi Covid-19. Pada tahun ini, turnamen ditencanakan akan digelar dua kali.

“Pertama hari ini, dan kedua akan dilaksanakan di bulan Agustus,” ungkap, Fitria di Gor Bima, Kota Cirebon, jumat (2/6/2023).

Ia menyebut, tercatat sekitar 400 peserta dengan kategori usia dini dan under 21 tahun telah mengikuti turnamen ini. Para peserta ini, kata dia, berasala sejumlah Dojo diwilayah Ciayumajakuning.

“Total 400 peserta antar Dojo dengan kategori usia dini sampai under 21,” ujarnya..

Lebih lanjut kata dia, dengan adanya turnamen ini diharapakan bisa menemukan bibit- bibit atlet untuk persiapan pada event yang lebih tinggi.

“Mudah-mudahan turnamen ini melahirkan atlet yang bisa di pupuk di bina menjadi atlet berprestasi yang kuat kokoh dan komitmen,” ucapnya..

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cirebon, Sutikno menambahkan, turnamen ini merupakan ajang pembibitan atlet yang terus dapat ditingkatkan. Karena bukan tidak mungkin hasilnya akan melenggang ke kejuaraan ditingkat yang lebih tinggi.

“Di tahun ini juga kejuaraan tingkat provinsi antara lain Popda. Hasil ini akan menjadi evaluasi, hari ini apakah nanti bisa diseleksi diajukan ke Popda atau di tahun depan Popwil,” ungkapnya.

“Ini sekaligus pembinaan bibit atlet secara dini sehingga bisa berkelanjutan dan berkesinambungan,” ujarnya.

Menurutnya, event besar seperti ini, ikut berkontribusi untuk pemulihan ekonomi daerah Kota Cirebon. (*)

Array
header-ads

Berita Lainnya