Berikut Ini 5 Jenis Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

Ciremaitoday.com, Garut – Rekomendasi jenis olahraga untuk membantu menambah tinggi badan menarik untuk dibahas. Tinggi badan setiap orang ditentukan juga oleh beberapa faktor, diantaranya faktor genetik, asupan nutrisi, dan lingkungan.

Faktor genetik sendiri memegang 60-80 persen peran dalam menentukan tinggi badan bagi setiap orang. Adapun selebihnya tinggi badan ditentukan oleh jenis makanan yang dikonsumsi beserta jenis olahraga yang sering dilakukan.

Rutin melakukan olahraga nyatanya tidak hanya membuat tubuh sehat dan bugar, akan tetapi juga bisa membantu menambah tinggi badan. Cobalah berolahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, seperti jogging, lari, lompat tali, basket, bersepeda, dan berenang.

Dengan melakukan beberapa olahraga tadi dapat merangsang tulang terus tumbuh sehingga akan berpengaruh untuk meninggikan badan.

Lantas, apa saja olahraga yang dapat dilakukan agar membantu tubuh bisa lebih tinggi? Dilansir dari halaman resmi halodoc.com, Minggu (25/2/2024), ada lima jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membantu menambah tinggi badan.

Jenis Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

1. Jogging dan Lari

Olahraga jogging dan lari memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh setiap orang. Kedua olahraga tersebut dipercaya mampu membantu membakar kalori sekaligus membakar lemak. 

Jogging dan lari dapat juga membantu untuk menambah tinggi badan, karena kedua olahraga ini bisa membantu memperkuat bagian kaki dan mampu menstimulus pertumbuhan tulang. Rutinkan aktivitas jogging dan lari pada pagi hari paling tidak 1-2 kilometer per hari, dan lakukanlah 3 kali dalam seminggu.

2. Lompat Tali

Lompat tali merupakan salah satu olahraga peninggi badan. Olahraga ini memiliki manfaat untuk menguatkan tulang kaki dan mengencangkan otot kaki, serta bisa menstimulasi pertambahan tinggi badan.

Anda bisa melakukan gerakan lompat tali kira-kira sebanyak 40-100 kali putaran dalam sehari. Agar memperoleh hasil yang maksimal, alangkah baiknya melakukan gerakan ini secara rutin setiap hari.

3. Basket

Basket termasuk salah satu olahraga yang dapat membantu menambah tinggi badan. Selain itu, sejak dulu banyak pula peminat pada olahraga yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan basket mempunyai kombinasi gerakan melompat dan melempar yang bisa menstimulus pertumbuhan tulang. 

Anda bisa melakukan olahraga ini sebanyak 3–5 kali dalam seminggu. Saat bermain bola basket lakukanlah latihan shooting dan jumping secara rutin dalam satu minggu.

4. Bersepeda

Selanjutnya adalah bersepeda. Olahraga ini juga dikategorikan mampu menambah tinggi badan. Aktivitas bersepeda sangat menyenangkan dilakukan terlebih bagi kaum muda. Gerakan kaki ketika mengayuh sepeda bisa membuatnya meregang dan membuat kaki cepat tumbuh lebih panjang. 

Anda bisa melakukan olahraga ini sambil berkeliling atau menggunakan sepeda statis di dalam ruangan. Bila olahraga ini dilakukan secara teratur, maka tinggi badan Anda akan bertambah secara optimal.

5. Berenang

Olahraga peninggi badan berikutnya adalah berenang. Dengan melakukan berenang bisa menstimulus pertumbuhan dan perkembangan tulang. Sehingga bisa memperkuat tulang dan meninggikan tubuh Anda.

Ada berbagai macam gaya renang yang bisa Anda lakukan ketika berenang, seperti gaya bebas, gaya punggung, dan berbagai macam gaya lainnya secara rutin. Lakukan olahraga ini paling tidak 3 hari dalam seminggu. (*)

Array
header-ads

Berita Lainnya