Caption: Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya, mengadakan pertemuan penting dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung pada Kamis (30/5). Foto: dok.Prokompim

Temui BBWS, Pj Bupati Cirebon Ingin Pecahkan Masalah Banjir

Ciremaitoday.com, Cirebon-Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya, mengadakan pertemuan penting dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung pada Kamis (30/5). Pertemuan ini membahas solusi komprehensif untuk menangani masalah banjir yang sering melanda Kabupaten Cirebon.

“Yang kita bahas adalah masalah banjir dan kekeringan,” ujar Wahyu.

Dalam pertemuan tersebut, mereka merancang rencana jangka pendek, menengah, dan panjang untuk mengatasi kedua masalah tersebut.

Untuk jangka pendek, telah disepakati bahwa normalisasi sungai akan segera dilakukan.

“Normalisasi akan dimulai sekarang hingga akhir Desember, sebelum musim hujan tiba,” kata Wahyu.

Langkah lain yang akan diambil adalah pembuatan kolam retensi. Pemerintah Kabupaten Cirebon akan mendata lokasi-lokasi potensial untuk pembangunan kolam tersebut.

“Kegiatan ini juga akan dikerjasamakan dengan BBWS,” tambahnya.

Selain itu, Wahyu mengungkapkan bahwa program pembuatan biopori akan dilakukan untuk memaksimalkan serapan air.

“Dengan adanya biopori, diharapkan serapan air bisa dilakukan di banyak lokasi, bukan hanya mengalir langsung ke sungai,” jelasnya.

“Diharapkan, langkah-langkah tersebut bisa meminimalisir terjadinya banjir di Kabupaten Cirebon,” pungkas Wahyu.

Pertemuan ini menunjukkan komitmen kuat Pemda Cirebon dan BBWS dalam menangani masalah banjir secara efektif dan berkelanjutan.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya