Caption: Temu KolaborAksi Dompet Dhuafa. Foto: Ist

Temu KolaborAksi, Dompet Dhuafa Kuatkan Mobilisasi dan Bantuan untuk Rakyat Palestina

Ciremaitoday.com, Jakarta-Tim Kemanusiaan Dompet Dhuafa bersama mitra Indonesia Humanitarian Alliance berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo, Mesir, Kamis, (23/11).

Disambut hangat oleh pihak KBRI Kairo, delegasi Dompet Dhuafa yang dipimpin oleh Arif Rahmadi Haryono menyampaikan, tujuan dan maksud kunjungan yang di antaranya adalah membangun komunikasi dan kerjasama penyaluran bantuan untuk masyarakat Palestina.

Sebelumnya Dompet Dhuafa menggulirkan beragam program bantuan mulai dari distribusi paket pangan di jalur Gaza, layanan evakuasi dan medis, pengiriman logistik bantuan bersama pemerintah Indonesia, distribusi makanan siap santap dan paket pangan di Jabalya dan Tofah, Gaza, Palestina.

Distribusi makanan siap santap untuk pengungsi di Kota Gaza hingga Dompet Dhuafa Kitchen dengan kapasitas 1.000 porsi per hari. Hingga per 20 November penerima manfaat mencapai total 13.000 Jiwa.

Temu Kolaboraksi untuk Palestina sebagai upaya merawat kebaikan di hari Jumat, 24 November dengan menghadirkan Husein Gaza sebagai Jurnalis Indonesia di Palestina dengan beragam pengalamannya, dr. Yeni Purnamasari, MKM., selaku GM Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa mengutarakan bantuan-bantuan yang digulirkan bagi Rakyat Palestina, serta sudut pandang Palestina dari Dosen Hubungan Internasional Universitas Indonesia, Shofwan Al Banna.

Dalam sambutannya, Direktur Mobilisasi Sumber Daya Dompet Dhuafa, Etika Setiawanti menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang sudah mempercayakan Dompet Dhuafa dalam penyaluran bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina.

“Kemudian tim kemanusiaan Dompet Dhuafa yang berjumlah tiga orang sudah berada di Mesir, mudah-mudahan proses bantuan berjalan dengan lancar sehingga dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita di Palestina,” ujarnya.

Selain melalui mitra lokal, pihaknya juga telah berkerjasama dengan pemerintah Indonesia selama dua kali penyaluran bantuan yang telah dilepas langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Tak hanya itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Indonesia Humantarian Aliance, yang berfokus pada penyaluran bantuan hingga ke rakyat Palestina..

“Kami berfokus pada bantuan seperti makanan, medis dan obat-obatan dan air bersih. Yang seperti kita ketahui kebutuhan-kebutuhan tersebut adalah kebutuhan mendasar yang sangat penting bagi mereka. Terlebih lagi ketika hujan turun para penyintas menadahkan air hujan untuk mencukupi air mereka,” ucapnya.

Sementara itu Dosen Hubungan Internasional Universitas Indonesia, Shofwan Al Banna, menjelaskan, persoalan Palestina adalah persoalan tentang penjajahan, bahwa ada sekelompok orang yang berasal dari luar wilayah tersebut dan mengusir orang-orang yang sudah menetap di wilayah itu selama ratusan tahun.

“Kemudian mereka mendirikan sistem secara diskriminatif,” katanya.

Shofwan Al Banna mendorong masyarakat untuk terus gencar membantu dan menyuarakan kemerdekaan bagi rakyat Palestina, “Terus bersuara pakai media apapun dan simbol simbol tentang Palestina”.

“Kami juga berkoordinasi dengan IHA dalam menyiapkan bantuan ini, dimana saat ini mencapai 11 truk kemanusiaan yang akan dikirimkan melalui jalur El-Arish kemudian ke gerbang Rafah dan masuk ke Gaza”, ujar Arif Rahmadi Haryono selaku Ketua Tim Kemanusiaan Dompet Dhuafa.

Jurnalis Indonesia di Palestina, Husen Gaza mengaku senang atas momen persatuan tersebut. Dirinya sangat mengharapkan lembaga-lembaga dapat kembali bersatu dan tidak bergerak sendiri.

“Yang kita butuhkan bukan kompetisi tapi kolaborasi. Di mana skill kalian, di situ medan perjuangan kalian,” ucapnya.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Sudah berjalan lebih tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *