Caption: Pertunjukan barongsai dalam perayaan Tahun Baru Imlek di Stasiun Cirebon. Foto: Ist

Tahun Baru Imlek, KAI Cirebon Sajikan Barongsai dan Ornamen Khas untuk Calon Penumpang

Ciremaitoday.com, Cirebon-Tahun Baru Imlek, atau yang dikenal juga sebagai perayaan Tahun Baru Cina, merupakan salah satu perayaan terbesar dan paling berwarna di dunia. Menyambut Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili pada tahun ini, PT KAI Daop 3 Cirebon pun turut serta menggelar perayaan dengan menghadirkan pertunjukan barongsai.

Hal itu sebagai upaya, KAI untuk mendekatkan diri dengan para pengguna jasa KA. Pertunjukan Barongsai ini tidak hanya menghibur calon penumpang kereta api, tapi juga masyarakat di sekitar Stasiun.

Menejer Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, menyampaikan, perayaan Tahun Baru Imlek merupakan sebuah tradisi masyarakat Tionghoa yang mewarnai keberagaman mulai dari adat istiadat, budaya serta agama dan diharapkan dapat menumbuhkan solidaritas sosial dalam kehidupan masyarakat.

“Selain atraksi barongsai, untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, KAI juga mengundang atraksi Naga Liong dan Biksu Tong untuk menyapa pelanggan,” ujarnya kepada wartawan usai melaksanakan perayaan Imlek di area parkir Stasiun Cirebon, Minggu (11/2).

Menurutnya, dalam kegiatan ini KAI juga mengadakan loyalty program dalam bentuk quiz berhadiah menarik berupa kaos KAI, voucher wisata tropikana dan voucher tiket KA gratis untuk para penumpang.

“Pada kesempatan yang sama, KAI juga membagikan makanan khas Imlek seperti kue keranjang, jeruk pongkam dan snack untuk para penumpang yang sedang menunggu kedatangan KA di area hall stasiun,” katanya.

Dalam menambah kemeriahan Tahun Baru Imlek, KAI juga memenuhi Stasiun Cirebon dengan hiasan dan ornamen khas Imlek. Di area hall Stasiun Cirebon, kata dia, juga terdapat photobooth bernuansa Imlek yang bisa digunakan oleh penumpang untuk berswafoto.

“Kami berharap program dan aktivitas menarik tersebut dapat menambah pengalaman berkesan bagi para penumpang kereta api pada masa liburan Tahun Baru Imlek 2024,” katanya.

Sementara itu, lanjutnya, pada masa libur Tahun Baru Imlek ini, secara keseluruhan Daop 3 Cirebon menyiapkan 14.210 tempat duduk untuk keberangkatan dari tanggal 8-11 Februari 2024. Jumlah penumpang yang sudah diberangkatkan KAI Cirebon pada periode libur panjang akhir pekan, khususnya periode 8-10 Februari tercatat sebanyak 12.326 orang.

“Perkiraan puncak volume keberangkatan dari wilayah Daop 3 Cirebon akan terjadi pada hari ini. Data terupdate pada Minggu pagi tadi, penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon sejumlah 7.199 penumpang,” katanya menerangkan.

“Angka ini masih akan terus bertambah karena proses penjualan tiket masih terus berlangsung. Jumlah tersebut meningkat 100 persen jika dibandingkan dengan hari-hari weekend biasanya yang mengangkut rata-rata sebanyak 3.000-an penumpang,” sambungnya.

Kemudian, KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 3 perjalanan KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir, 1 perjalanan KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember, 1 perjalanan KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan–Semarang Poncol dan 2 perjalanan KA Kaligung relasi Brebes – Semarang Poncol.

“KAI terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini. Kami menghimbau kepada penumpang datang lebih awal untuk mengantisipasi keterlambatan saat naik KA dan bawalah barang-barang sesuai dengan aturan,” pungkasnya.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *