Caption: Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya, saat memberikan keterangan pers. Foto: Tarjoni Ciremaitoday

Soal Korupsi Proyek Taman Cirebon, Pj Bupati Dorong ASN Tetap Profesional

Ciremaitoday.com, Cirebon-Kasus dugaan korupsi proyek Alun-alun atau Taman Pataraksa senilai Rp 1,2 miliar dengan tiga orang tersangka menjadi topik panas di Kabupaten Cirebon. Selain menarik perhatian publik, isu ini juga menjadi perbincangan utama di berbagai forum termasuk dilingkungan ASN dan pengusaha jasa konstruksi.

Menanggapi hal ini, PJ Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya, juga mengungkapkan rasa prihatinnya dan memberikan pesan penting kepada pejabat pembuat komitmen (PPK) di berbagai OPD Teknis.

“Tetaplah bersemangat dan harus lebih profesional dalam menjalankan tanggung jawab pengawasan,” ujarnya kepada wartawan Kamis (13/6).

Wahyu menekankan bahwa kejadian ini adalah pelajaran berharga bagi semua ASN yang terlibat dalam pengelolaan anggaran.

“Kita harus lebih teliti dan profesional untuk mencegah terulangnya kasus serupa,” katanya.

Meski penanganan kasus Taman Pataraksa tengah berlangsung oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, Wahyu meminta para ASN untuk tetap semangat dan tidak takut selama menjalankan tugas dengan profesionalisme.

“Kami akan terus melakukan koordinasi dan evaluasi terhadap kinerja PA, PPK, dan PPTK agar semua pihak bersinergi dalam pengawasan pekerjaan fisik maupun non-fisik,” ucapnya.

Pemkab Cirebon, kata dia, juga berencana menggandeng aparat penegak hukum (APH) untuk melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap proyek fisik yang sedang berjalan. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan proyek pemerintah.

Wahyu menegaskan bahwa proses pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Cirebon tidak akan terpengaruh oleh kasus ini.

“Kami tegaskan agar semua dinas yang terlibat dalam pengadaan barang dan jasa tetap bekerja dengan profesional dan tidak lengah dalam pengawasan, meski ada pihak konsultan pengawas swasta,” pungkasnya.

Dengan demikian, Pemkab Cirebon bertekad untuk menjaga integritas dan kualitas kerja dalam setiap proyek pembangunan, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya