Caption: Presiden Jokowi Widodo saat sambutan pada peringatan HUT Bhayangkara di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7). Foto: dok.Setneg

Presiden Jokowi: Polri Harus Lincah dan Adaptif Hadapi Situasi Global

Ciremaitoday.com, Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya Polri untuk semakin lincah dan adaptif dalam menghadapi situasi global yang semakin kompleks. Dalam sambutannya pada peringatan HUT Bhayangkara di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7), Jokowi menekankan Polri harus memiliki cara pandang yang strategis dan mampu menjadi “cooling system” di tengah masyarakat.

“Polri harus profesional dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum. Apalagi dalam menghadapi kejahatan transnasional yang semakin kompleks dan canggih, Polri harus mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Jokowi seperti dikutip dari kumparan.

Presiden juga menyampaikan apresiasinya atas kerja keras Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan dalam negeri, terutama selama proses demokrasi Pemilu 2024 dan pelaksanaan agenda-agenda besar pembangunan.

“Atas pengabdian seluruh anggota Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan, bangsa kita mampu tumbuh di tengah tantangan dan ketidakpastian global,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi memuji Polri yang berhasil menjadi lembaga dengan citra terbaik urutan kedua dalam sejumlah survei.

“Ini patut kita syukuri serta harus dipertahankan dan ditingkatkan dengan komunikasi publik yang baik, dengan jadi teladan, dengan membangun etika pelayanan yang berorientasi pada rakyat,” ucapnya.

Jokowi juga menekankan bahwa tantangan yang dihadapi Polri akan semakin rumit dengan perubahan geopolitik, teknologi, dan iklim yang penuh ketidakpastian.

“Tantangan tidak semakin mudah, baik dari sisi geopolitik, teknologi, iklim, semuanya semakin rumit dan penuh ketidakpastian,” pungkasnya. (Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya