Caption: Terduga tersangka kasus Vina Cirebon, Pegi Setiawan alias Perong saat konferensi pers di Polda Jabar. Foto: dok.Kumparan

Polisi Tegaskan DPO Kasus Vina Cirebon Hanya Satu Orang

Ciremaitoday.com, Bandung-Polisi menegaskan bahwa dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon, hanya ada satu orang yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO), bukan tiga seperti yang sebelumnya dirilis.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abraham Abast menyebut bahwa ada tiga orang DPO dan 11 tersangka. Bahkan, Polda Jabar sempat merilis ciri-ciri tiga DPO tersebut meski tanpa foto.

Namun, pada Minggu (26/5), Dirkrimum Polda Jabar Kombes Surawan menyatakan bahwa DPO sebenarnya hanya satu orang, yaitu Pegi Setiawan, yang sudah ditangkap.

“Saya perlu menegaskan, tersangka ada 11, bukan 9. Sehingga DPO hanya 1,” katanya.

Dalam kasus ini, polisi sempat menyebut ada 11 tersangka pembunuhan Vina dan Rizky (Eky). Delapan di antaranya sudah ditangkap dan diadili, dengan tujuh orang divonis seumur hidup dan satu orang bebas karena masih di bawah umur, yakni Saka Tatal.

Caption: Pegi Setiawan alias Perong. Foto: dok.Polda Jabar

 

Surawan menjelaskan bahwa informasi tentang tiga DPO berasal dari keterangan tersangka kasus Vina Cirebon yang ditangkap sebelumnya. Namun, setelah dilakukan penyelidikan mendalam, dua dari tiga nama yang disebut ternyata tidak valid.

“Selama ini kami meyakini bahwa keterangan dari lima tersangka berbeda, ada yang menyebut tiga, ada yang menyebut satu dengan nama berbeda. Setelah penyelidikan mendalam, ternyata dua nama itu hanya asal sebut,” ucapnya.

Surawan menegaskan tidak ada tersangka lain yang masuk DPO setelah penangkapan Pegi Setiawan. Namun, kata dia, jika nanti muncul tersangka baru, pihaknya juga akan memeriksanya.

“Sejauh ini, fakta penyelidikan kami menunjukkan bahwa DPO hanya satu, bukan tiga. Jadi semua tersangka jumlahnya 9, bukan 11. Delapan melakukan persetubuhan, yang satu tidak,” pungkasnya.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya