PM Singapura Lee Hsien Loong Kunjungi Istana Bogor Jelang Akhir Jabatannya, Apa yang Dibahas?

Ciremaitoday.com, Jakarta – Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong berkunjung ke Istana Bogor, Senin (29/4/2024) pagi. Ia disambut Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya itu.

Dengan mengenakan batik berwarna cokelat muda, Jokowi mempersilakan Lee masuk ke Ruang Teratai di Istana Bogor, tempat kedua pemimpin kemudian berjabat tangan dengan diiringi senyuman lebar. Jokowi mendampingi PM Lee menandatangani buku tamu, sebelum keduanya berjalan bersama ke ruang pertemuan yang diadakan dalam format leaders’ retreat.

Dalam retreat tersebut, kedua pemimpin akan menelaah 10 tahun kerja sama yang sudah dilakukan, serta memastikan kerja sama dan hubungan baik kedua negara terus berlanjut.

Salah satu kerja sama strategis yang ditekankan adalah pengembangan sumber daya manusia melalui pengembangan keterampilan, pertukaran talenta di bidang digital, serta peningkatan kapasitas bidang kesehatan.

Selama pertemuan, kedua pemimpin diyakini juga membahas pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), mengingat banyak perusahaan Singapura yang menunjukkan minat untuk bekerja sama investasi di IKN, termasuk di bidang transisi energi.

Kunjungan Lee ke Indonesia untuk menghadiri leaders’ retreat merupakan lawatan terakhirnya sebagai perdana menteri Singapura sebelum ia menyerahkan pemerintahan kepada PM yang baru.

Serupa dengan Lee, 2024 merupakan tahun terakhir kepemimpinan Jokowi setelah ia menjabat presiden RI selama 10 tahun. 

Dikutip dari Kantor Berita Antara, dalam pertemuan dengan PM Lee, Presiden Jokowi didampingi antara lain oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. 

Selain itu, juga ada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Sementara itu, PM Lee didampingi delegasi sejumlah menteri Singapura, termasuk Wakil PM Lawrence Wong, yang segera melanjutkan pemerintahan Singapura.

Wong, yang akan mulai memimpin sebagai PM Singapura pada 15 Mei, tampak berbincang dengan Prabowo Subianto –yang terpilih sebagai Presiden RI periode 2024-2029. (*)

Array
header-ads

Berita Lainnya