Caption : Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhana saat berhadapan dengan media. Foto: Selamet Hidayat

One Way Cipali Dibatalkan, Begini kata Korlantas Polri

Ciremaitoday.com, Cirebon-Korlantas Polri batalkan sistem One Way atau satu arah di tol Cikopo-Palimanan ( Cipali ) pada arus balik libur Natal tahun 2023, Selasa (26/12).

Hal tersebut dikatakan Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas), Irjen Pol Aan Suhana, membatalkan rencana one way yang diberlakukan mulai dari KM 188 Palimanan, Cirebon, hingga Gate Cikampek Utama.

Menurutnya pembatalan one way tersebut karena, arus lalu lintas dari arah Semarang menuju Jakarta terlihat landai dan belum terlihat kepadatan

“Hingga saat ini arus lalu lintas dari Semarang, Cirebon sendiri angkanya masih cukup landai, artinya masih ada dibatas aman, tidak perlu melakukan intervensi berupa rekayasa lalu lintas berupa contraflow maupun one way,” ungkap Kakorlantas, Irjen Pol Aan Suhana, saat meninjau gate Palimanan.

Aan mengatakan, traffic counting di Palimanan baru perjamnya mencapai 2.164 kendaraan yang melintas, sedangkan batas minimum diberlakukannya sistem one way diangka 3.500 kendaraan perjam.

“Kita lihat di traffic counting Palimanan baru mencapai 2.164 perjam, kita harus intervensi itu diangka 3.500, itu baru melakukan intervensi berupa contraflow maupun one way,” katanya.

Volume kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta, lanjut Aan, cenderung menurun.

“Dari KM 414 Semarang, ada kecenderungan menurun, tertinggi di jam 12.00 WIB 2.193 (kendaraan) kalau Semarang sampai Palimanan ini tiga jam, berarti kita tunggu sampai jam 3 sore, sampai kesini atau perjalanan lokal saja,” lanjutnya.

Sementara rencana diberlakukannya sistem contraflow di tol Jakarta-Cikampek (Japek), kata Aan, hal itu dintunda untuk sementara waktu, karena jumlah kendaraan yang melintas masih dibawah minimum.

“Kemudian di Cikampek sendiri angkanya baru mencapai 4.345 artinya di Cikampek pun belum perlu dilakukan rekayasa lalu lintas, karena batas bawah melakukan rekayasa lalu lintas itu diangka 5.500, jadi rencana oneway kita tunda, melihat indikator tadi di Semarang dan Cirebon, untuk Japek sendiri di Japek KM 61 Bandung,” jelasnya.

Aan memprediksi, ada 50 ribu masyarakat yang akan melakukan balik ke arah Jakarta di tahap pertama libur Natal.

“Perkiraan puncak arus balik tahap pertama libur natal, perkiraan prediksi dari temen-temen ada 50 ribu masyarakat yang akan balik ke arah Jakarta dari Timur,” ucapnya.

Meski rekayasa lalu lintas dibatalkan, Korlantas Polri akan tetap melakukan rekayasa lalu lintas sepenggal di kawasan rest area yang menjadi titik kumpul para pemudik.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *