Caption: Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Esya Karnia Puspawati, saat memberikan keterangan pers. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday

KPU Cirebon Tetap Fokus pada Tahapan Pemilu Meski Ketua KPU RI Diberhentikan

Ciremaitoday.com, Cirebon-KPU Kabupaten Cirebon menegaskan bahwa sanksi pemberhentian terhadap Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, tidak berpengaruh pada kinerja dan tahapan pemilu di daerah. Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Esya Karnia Puspawati, memastikan semua proses pemilu tetap berjalan normal.

“Tidak ada ekses apa-apa. Semua tetap berjalan. Tidak ada perubahan apa-apa. Tidak ada dampak apa-apa,” ujar Esya, Kamis (4/7).

Esya juga menekankan bahwa kepemimpinan di KPU RI sudah diisi oleh pelaksana tugas (Plt) yang ditunjuk.

“Pimpinannya sudah ada. Kan Plt sudah terbentuk. Plt Ketua KPU RI nya Pak Mochammad Afifuddin,” tambah Esya.

Namun, Esya belum bisa memastikan sampai kapan posisi Ketua KPU RI akan dijabat oleh Plt.

“Belum ada informasi kapan akan definitif. Karena sekarang masih beririsan dengan beberapa tahapan,” ujarnya.

Esya mengutip pesan dari Sekretaris Jenderal KPU RI,  Bernad Dermawan Sutrisno, bahwa organisasi harus tetap berjalan. Saat ini, KPU Kabupaten Cirebon sedang melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, yaitu pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Minggu kemarin, proses Coklit sudah mencapai 40 persen, baik data hasil manual maupun yang sudah diunggah ke e-Coklit. Proses Coklit akan terus berlangsung hingga dua minggu ke depan.

Sebagai informasi, Hasyim diberhentikan karena terbukti melanggar kode etik penyelenggara pemilu dengan melakukan tindakan asusila terhadap seorang perempuan anggota PPLN Den Haag, Belanda berinisial CAT.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah menunjuk komisioner KPU Mochammad Afifuddin sebagai Plt Ketua KPU menggantikan Hasyim Asy’ari.

Dalam rilisnya, Koordinator Divisi Sosialisasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU RI, August Mellaz, menjelaskan bahwa penunjukan ini berdasarkan hasil rapat pleno yang dilakukan pada Kamis (4/7).

“Hasil pleno sudah memutuskan secara bulat, kami bersepakat untuk memberikan mandat kepada Pak Mochammad Afifuddin untuk menjadi Pelaksana Tugas Ketua KPU,” pungkasnya.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya