Konflik Palestina-Israel Makin Panas, Warga Indramayu Dorong Pemerintah Ambil Sikap

Ciremaitoday.com, Indramayu-Konflik Palestina dan Israel yang semakin memanas, menuai respons dari masyarakat di berbagai belahan dunia. Salah satunya dari masyarakat Indonesia di Kabupaten Indramayu yang direfleksikan melalui aksi damai Peduli Palestina yang digelar, Jumat (27/10).

Aksi damai itu diawali dengan sholat Jumat berjamaah di Masjid Agung Indramayu, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Indramayu. Berbagai lapisan masyarakat Indramayu mengikuti aksi tersebut, mereka tergabung dalam Masyarakat Peduli Palestina Indramayu.

Kordinator aksi damai, Erul Mustaqim menyampaikan, aksi tersebut merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan, serta dukungan moril dan materil kepada warga negara Palestina yang selama ini mendapatkan perlakuan kejam yang dilakukan oleh zionis Israel.

Melalui aksi tersebut juga, pihaknya mendorong pemerintah Indonesia untuk melakukan langkah-langkah kongkret guna meredam konflik yang selama ini terjadi antara Palestina dan Israel.

Menurut dia, dalam aksi tersebut juga dilakukan penggalangan donasi baik itu makanan dan minuman hingga obat-obatan untuk di salurkan ke Palestina.

“Saya berharap dengan adanya aksi ini dapat menggugah semangat masyarakat Indramayu untuk peduli terhadap warga Palestina dan tidak lupa akan sejarah bahwa Palestina negara pertama yang mengakui kemerdekaan republik Indonesia,” katanya.

Sementara itu, salah satu orator dalam aksi solidaritas tersebut, Habib Yusuf Umar Bin Yahya menegaskan, aksi masyarakat Indramayu untuk Palestina tersebut merupakan realisasi dari amanah konstitusi Undang Undang Dasar Tahun 1945 alinea pertama, bahwa segala bentuk penjajahan harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri keadilan.

Ia menyebut, Palestina merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, serta memberikan kontribusi yang penting dalam mendukung perjuangan Indonesia untuk merdeka. Kemudian, kata dia, Palestina juga merupakan tempat dibangunnya Masjid Al Aqso yang menjadi kiblat pertama kaum Muslimin.

Atas ikatan solidaritas yang kuat terutama sesama muslim, masyarakat Indonesia diharapkan dapat memberikan kontribusinya dalam membantu meringankan beban warga negara Palestina.

“Mereka merupakan saudara kita, sudah sepatutnya kita membantu mereka yang saat ini sedang dalam kesusahan akibat tindakan zionis Israel,” tandasnya.

Usai menggelar orasi di depan gedung DPRD Kabupaten Indramayu, perwakilan peserta aksi sekaligus kordinator aksi, Erul Mustaqim menyampaikan pernyataan sikap, yang diserahkan kepada Ketua DPRD kabupaten Indramayu Syaefudin yang di dampingi oleh Kapolres Indramayu AKBP M. Fahri Siregar.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *