Caption: Sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Hedi/Kumparan

Ini Jenis Sapi Kurban Jokowi dan Ma’ruf Amin yang Diserahkan ke Masjid Istiqlal

Ciremaitoday.com, Jakarta-Sapi kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin diserahkan ke Masjid Istiqlal pada Jumat (14/6). Jokowi dan Ma’ruf Amin menyerahkannya secara langsung dan diterima oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. KH. Nasaruddin Umar.

Sapi kurban dari Jokowi adalah jenis Simmental dengan bobot 1.192 kilogram. Sementara itu, sapi kurban dari Ma’ruf Amin adalah jenis Limosin yang beratnya mencapai 1.164 kilogram.

“Sapi bantuan kemasyarakatan Presiden ini kami serahkan kepada Istiqlal, semoga dapat dikelola dengan baik, termasuk penyembelihan dan pendistribusian daging kurban kepada masyarakat,” ujar Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden RI, Sony Kartiko dalam keterangan persnya yang dikutip pada Minggu (16/6).

Sony juga menjelaskan bahwa dalam pengadaan sapi kurban, pihak Presiden dibantu oleh Kementerian Pertanian, Dinas Peternakan, dan Kementerian Agama.

Dengan serangkaian uji klinis dan laboratorium, kata dia, hasilnya adalah sapi tersebut memenuhi syarat kesehatan dan syariat Islam.

Serupa dengan kondisi kesehatan sapi Presiden Jokowi, Plh Kepala Biro Perencanaan Keuangan Wakil Presiden RI, Purno Wiyanto, menegaskan bahwa hewan kurban dari Wapres RI juga sudah lulus pemeriksaan fisik.

“Hewan kurban dalam keadaan baik dan sehat untuk disembelih pada waktunya,” katanya.

Selain sapi dari Jokowi dan Ma’ruf Amin, sejumlah pihak juga menyerahkan hewan kurban ke Masjid Istiqlal, termasuk Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sapi milik Prabowo paling mencolok dengan warna hitam dan bobot diperkirakan mencapai 1.500 kilogram atau lebih dari 1 ton, sementara sapi milik Megawati juga berbobot lebih dari 1 ton dan berjenis Limosin.

Sapi kurban Ketua Umum PDIP, Megawati, diserahkan pada Jumat (14/6), sedangkan sapi milik Prabowo baru tiba di Istiqlal pada Sabtu malam (15/6).

Dilihat dari laman resmi Masjid Istiqlal, penyembelihan hewan kurban akan diselenggarakan di Rumah Potong Hewan Masjid Istiqlal pada Selasa, 18 Juni 2024, yang bertepatan dengan 11 Zulhijah 1445 H.

Daging kurban akan didistribusikan kepada masyarakat melalui perwakilan yayasan, lembaga, masjid, dan musala yang sebelumnya sudah mengajukan proposal dan diverifikasi oleh pihak panitia.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya